Monday, June 15, 2015

[KU-163/2015] Konsistensi, Kunci Utama Kesuksesan - Profil Direktur Utama PT KAI, Edi Sukmoro

JAKARTA: Konsistensi merupakan salah satu hal tersulit yang harus dijalankan seorang CEO. Padahal, konsistensi sangat diperlukan untuk menjamin roda perusahaan tetap berputar dan mempertahankan berbagai keberhasilan yang telah dicapai.

Konsistensi inilah yang sedang dijalankan Edi Sukmoro di perusahaan yang dipimpinnnya, PT KAI. Edi tak hanya konsisten menjalankan garis kebijakan perusahaan demi mempertahankan keberhasilan-keberhasilan yang telah dicapai pendahulunya, tapi juga untuk memperbaiki kelemahan-kelemahan sebelumnya agar perusahaan pelat merah itu berkinerja lebih kinclong.

“Yang susah di Indonesia itu kan konsistensi. Sekali bersih terus bersih, apa bisa? Tetapi, saya juga ingin bisa berbuat lebih dari apa yang sudah dilakukan para pendahulu saya,” kata Edi Sukmoro.

Berikut petikan wawancaranya:

Apa yang mendorong Anda bersedia mengemban tanggung jawab sebagai Dirut KAI?

Saya selalu mengatakan kepada teman-teman, kita di sini karena dipilih, bukan kita yang milih. Pelayanan kepada masyarakat itu memiliki konsekuensi pengorbanan yang luar biasa. Ini yang menarik buat saya, karena saatnya saya melayani masyarakat secara total.

Kiat Anda memimpin perusahaan?

Pada era saya ini ada 2 tugas yang paling berat. Pertama, mempertahankan apa yang sudah dicapai Pak Ignasius Jonan. Kedua, kalau perlu, saya harus melebihi itu. Jika ada pekerjaan rumah yang belum dituntaskan Pak Jonan, saya tuntaskan. Jadi, 2 hal itu yang menjadi visi saya. Untuk mencapainya, kami harus konsisten.

Mengapa konsisten menjadi hal penting?

Peribahasa mengatakan lebih sulit mempertahankan daripada mencapai. Itu benar. Memang tidak mudah dan membutuhkan konsistensi.

Bagaimana Anda menerapkannya?

Dari kesan yang saya dapatkan, harus ada konsistensi dalam melakukan perbaikan, dari level teratas hingga level terbawah. Kebanyakan CEO-nya baik, kemudian para direksinya baik, tapi bawahannya masih ‘ke sana ke mari’. Artinya belum menjalankan apa yang ditetapkan oleh pihak manajemen.

Nah, kemampuan seperti itu yang harus dimiliki seorang CEO bahwa dia tidak hanya untuk dia, tapi juga harus bisa ‘nyetrum’ ke bawah. Itu yang membuat saya tergerak bahwa gaya kepemimpinan seperti itu adalah yang paling benar.

Sumber : Investor Daily, 15.06.15.

[English Free Translation]
National media newspaper “Investor Daily" featuring profiles Managing Director of PT Kereta Api Indonesia (Persero) Edi Sukmoro and talking about consistency. Enjoy the spirit of change.

No comments:

Post a Comment

[KU-179/2021] Dirut KAI Commuter Mukti Jauhari Tutup Usia

  Bisnis.com, JAKARTA - Keluarga besar KAI Group khususnya KAI Commuter hari ini berduka. Direktur Utama KAI Commuter Mukti Jauhari meningg...