Jumat, 21 April 2017

[KG-111/2017] KALOGers Peringati Hari Kartini – 21/04/17

JaKaRTa : Untuk mengenang jasa R.A Kartini dalam memperjuangkan hak dan martabat wanita, hari Jumat tgl 21/04/2017 bertempat di lapangan parkir kantor pusat PT Kereta Api Logistik (KALOG) telah dilaksanakan Upacara Peringatan Hari Kartini ke-52 dengan tema "Jadilah Kartini yang Cerdas Tangguh dan Berperan Aktif dalam Memajukan Perkeretaapian Indonesia”.

Upacara diikuti oleh seluruh pegawai Kantor Pusat KALOG. Bertindak selaku Inspektur Upacara, Direktur Keuangan & HR (GF) dan selaku komandan upacara VP SHE & Security. Dalam sambutannya, GF menyampaikan pesan dan amanat agar dapat memaknai hari Kartini bukan hanya sebagai peringatan rutin semata namun menjadi kesempatan untuk meningkatkan harkat dan martabat dengan menjadi wanita hebat.

Raden Adjeng Kartini (21 April 1879 – 17 September 1904) ato lebih tepat disebut Raden Ayu Kartini adalah seorang tokoh Jawa dan Pahlawan Nasional Indonesia. Kartini dikenal sebagai pelopor kebangkitan perempuan pribumi.

Pelaksanaan upacara berlangsung dengan tertib dan khidmat. Dan setelah upacara seperti biasa ada ritual selfie bareng KALOGers di berbagai pose dan kesempatan. Selamat menyimak ya.

Dokumentasi kegiatan terlampir.


Sumber : CorComm KALOG / Foto : Adjeng Putri – Dian – RAM.

[English Free Translation]
To commemorate the heroism of RA Kartini in fighting for the rights and dignity of women’s role, on Friday (April 21st)  located in the parking lot of PT Kereta Api Logistik (KALOG) H.Q held 52nd Kartini Day Celebration, the theme "Be Kartini With Intelligent and Active Role in Promoting Indonesian Railways ".

Kamis, 20 April 2017

[KG-110/2017] Rapat Angkutan Barang KALOG - 18/04/17

JaKaRTa : Untuk mengakomodir permintaan yang semakin beragam dari Customer, PT Kereta Api Logistik (KALOG) senantiasa melakukan inovasi dan riset agar bisa memenuhi tantangan jaman. Istilahnya biar lebih customized he he he.

Gak kurang dari jajaran BoD ikut terlihat dalam diskusi tsb karena kepedulian untuk mendorong kemajuan perusahaan. Gak semua rapat bisa dihadiri BoD tetapi bila dibutuhkan dan perlu keputusan pemegang mandat, siap sedia.

Selasa tgl 18/04, Divisi Pengembangan Bisnis (BC) menyampaikan proposal tentang sejumlah disain modifikasi gerbong datar untuk angkutan khusus, semisal angkutan batu bara, motor hingga mobil dan barang2 proyek.

Dokumentasi hasil diskusi, terlampir.



Sumber : KALOG / Foto : RAM.

[English Free Translation]
On Tuesday – April 18th, the Business Development Division (BC) submitted a proposal on a number of modified designs of flat carriages for special transport, such as coal transport, motorcycles, car-carrier and project cargoes.

Rabu, 19 April 2017

[KG-109/2017] Piket Pilkada DKI – 19/04/17

JaKaRTa : Isu yang sempat merebak di medsos kadang2 bikin masyarakat khawatir berlebihan. Bayangin aja, mulai dari intimidasi, ancaman kerusuhan dan lain-lain sepertinya menghantui warga DKI dan Jabodetabek sehingga ekstra was-was.

Pemerintah kudu menertibkan medsos beserta aturannya dengan bijak supaya model kampanye hitam ato hoax gak bertebaran seenak jidat. Akibatnya, jadi gak produktif karena khawatir berlebihan tadi.

Perkara siapa yang dan siapa yang kalah, klo para kandidat dan petahana pastinya udah maklum tapi yang namanya pengusung ato tim sukses, ini yang kadang bikin psy-war sehingga masyarakat luas dicekoki berbagai informasi, mulai dari yang besar hingga menyesatkan.

Terlepas dari itu semua, Syukur Alhamdulillah proses pemilihan kepala daerah (pilkada) DKI dengan rasa Indonesia berlangsung mancarli dan semoga gubernur dan wakil gubernur yang nantinya benar2 terpilih, bisa memimpin Jakarta lebih apik dan bijaksana kedepannya.

Lantas KALOGers ngapain aja selama pilkada berlangsung hari Rabu tgl 19/04 ? Untuk menjaga jalannya bisnis jasa yang dilakoni PT Kereta Api Logistik (KALOG), siap mengawal dengan melakukan piket. Maklum sebagian besar karyawan ada yang berdomisili diluar kota, jadi piket sebagai opsi.

Selalu ada gawean di kantor, gak mungkin bebas merdeka. Hanya saja, waktunya fleksibel dan gak memeras tenaga seperti hari kerja biasa karena volume incoming calls khan berkurang drastis karena sejatinya libur. KALOGers aja yang terlalu rajin he he he.

Simak dokumentasi petugas jaga yang mendapat giliran piket pilkada, terlampir.

Sumber : KALOG / Foto : RAM.

[English Free Translation]
What KALOGers do during the elections took place on Wednesday on 19/04? To keep running the service by PT Kereta Api Logistik (KALOG), KALOGers is ready to escort by doing picket. Understand most of the employees there are domiciled outside the city, so picket as an option.

Selasa, 18 April 2017

[KG-108/2017] Rakor Tindak Lanjut Pemanfaatan Dryport – 18/04/17

JaKaRTa : Selasa tgl 18/04/17 bertempat di gedung BPPT Jakarta, dilakukan rapat koordinasi pemanfaatan dan pengelolaan dryport Cikarang serta dihadiri langsung Menko Kemaritiman, Luhut Panjaitan.

Salah satu partisipan yakni PT Kereta Api Indonesia (Persero) didampingi PT Kereta Api Logistik (KALOG) ikut serta dalam pertemuan pagi ini. Selain itu, hadir pula perwakilan urusan dari Kementerian BUMN, CDP, Bea Cukai dll.

Inti pertemuan membahas update dwelling time, perbandingan tarif trucking dan kereta api (KA) serta ada presentasi dari konsultan Deloitte ihwal peran hub & spoke. Berbagai masukan diterima oleh pihak konsultan, termasuk keberatan membandingkan proses bongkar muat di Indonesia dan Singapura.

Ada juga yang menjelaskan peran moda kereta api saat ini untuk rute Stasiun JICT - CDP dan sudah lancar, sejauh ini. Selain itu ada juga sorotan terhadap pengenaan PPN 10 persen untuk angkutan barang via KA dan isu THC (Terminal Handling Charge) yang dikenakan oleh perusahaan pelayaran.

Dokumentasi terlampir.


--- quote ---

(artikel) Fokus Pangkas Biaya Logistik, Pemerintah Soroti THC

Bisnis.com, JAKARTA - Menko Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan mengatakan bahwa saat ini pihaknya bersama Kemenhub sedang melakukan pembedahan struktur biaya di pelabuhan dalam rangka menurunkan biaya logistik tersebut.

“Kita bersepakat untuk membuka struktur biaya di pelabuhan sehingga kita bisa menghemat biaya-biaya di situ. Sekarang kan dwelling time sudah turun, tapi cost-nya masih dianggap tinggi. Jadi kita periksa satu per satu, mana yang bisa diturunin," ujarnya, Selasa (18/4/2017).

Menurutnya, salah satu struktur yang bisa dilakukan pembedahan tersebut adalah pengenaan tarif Terminal Handling Charge (THC). "THC itu untuk apa? Ongkosnya cukup mahal,” katanya.

Dengan evaluasi pengenaan THC yang dapat dipangkas itu diharapkan dapat meningkatkan efisiensi biaya di pelabuhan.

Pasalnya, THC diperkirakan memakan porsi mencapai hingga 33% dari seluruh biaya di Pelabuhan Tanjung Perak dan 28% biaya di Pelabuhan Makassar. Terminal Handling Charges (THC) adalah gabungan biaya antara Container Handling Charger (CHC) dan surcharge.

CHC adalah biaya yang dikenakan oleh pengelola terminal peti kemas kepada pengguna jasanya, (biasanya adalah shipping line), dari sejak kapal sandar, membongkar muatan hingga menumpuk peti kemas di lapangan penumpukan atau stacking/container yard.

“Sampai seefisien mungkin. Saya belum bisa ngomong (persentasenya), tapi THC itu sampai 33% dari semua cost di Surabaya, 28% di Makassar, di Priok kita mau lihat. Kalau itu bisa dihemat bisa efisien,” ujarnya.

Pihaknya juga menyatakan akan menggandeng Djakarta Lloyd untuk diminta membantu menghitung struktur biaya yang wajar.

“Kalau dwelling time bisa kita pertahankan di bawah 3 hari, kemudian cost bisa kita perkecil, kita minta Djakarta Lloyd untuk membantu memformulasikan,” terangnya.

Selain itu, Pelindo II juga akan kembali diundang rapat ke Kemenko Kemaritiman pertengahan pekan ini untuk menjelaskan lebih rinci terkait biaya-biaya di pelabuhan.
Pihaknya berharap proses pemetaan tersebut dapat selesai pada Mei 2017.

"Besok Kamis kita mau ketemu (Pelindo II), kita breakdown angka-angkanya. Saya berharap Mei 2017 kita sudah lebih tajam,” tuturnya.

Sumber : Bisnis Indonesia.

--- unquote ---

Hmm … THC bakal disasar nih. Yaps, moga2 biaya logistik bisa jadi lebih kompetitif deh, masak kalah sama negeri semata wayang. Indonesia harus bisa lebih baik, dari hari ke hari. Go Get ‘ Em.

Catatan juga buat wartawan professional yang ngeliput berita diatas, mungkin yang dimaksud adalah konsultan independen Deloitte Consulting bukan Djakarta Lloyd yang sering disingkat D'lloyd (ini nama pelayaran pelat merah dan nama grup musik). 

Mohon maaf jika salah ya, yang pasti kita ada disana.

Sumber : KALOG / Foto : RAM.

[English Free Translation]
Tuesday (April 18th) was held a coordination meeting about dryport utilization in BPPT Building. The meeting was attended directly by Coordinating Maritime Minister, Luhut Panjaitan. Also present the representatives of PT KAI, PT KALOG, Customs, CDP, BUMN etc.

Senin, 17 April 2017

[KA-107/2017] Daop 4 Lakukan Uji Coba Jalur Menuju CY Ronggowarsito – 17/04/17

SEMARANG : Hari ini Senin (17/4) EVP didampingi Deputy EVP dan manajemen Daop 4 Semarang meninjau progres pembangunan Container Yard (CY) Ronggowarsito Semarang. CY Ronggowarsito yang akan dikelola oleh PT Kereta Api Logistik (KALOG) saat ini sudah mencapai tahap akhir pembangunan.

Dalam tinjauannya, EVP 4 Sm beserta jajaran berkoordinasi langsung dengan pihak KALOG untuk memastikan kondisi di lapangan. Pada kesempatan tersebut juga dilakukan uji coba jalur dari Stasiun Semarang Tawang menuju CY Ronggowarsito dengan menggunakan lokomotif. Uji coba tersebut, lokomotif berhasil melalui jalur dengan aman dan sempurna.

Selanjutnya, dalam waktu dekat juga akan dilakukan uji coba kembali dengan menggunakan rangkaian GD yang berisi kontainer untuk proses loading dan unloading. Kapan akan diresmikan nih ? Tunggu tanggal mainnya aja ya.

Dokumentasi foto kegiatan terlampir.


Sumber : Humas Daop 4 Sm.

[English Free Translation]
Monday (April 17th), EVP accompanied by Deputy EVP and management Daop 4 Semarang reviewing the progress of the construction Container Yard (CY) Ronggowarsito. CY Ronggowarsito which will be managed by KALOG, is currently in the final phases of development.

Minggu, 16 April 2017

[KG-106/2017] AXI-KALOGers M2 Apr 2017

JaKaRTa : Hiruk-pikuk pekerjaan, kadang melupakan sebuah hal yang sepele namun berdampak luas bagi yang menjalaninya. Gak percaya ? Simak deh liputan rotasi dan mutasi di lingkungan PT KALOG bulan April ini.

Yang pertama, Sri Hardjono, diangkat sebagai VP QA & IC per awal April 2017. Menyusul pergeseran VP di lini bisnis dan pendukung, semisal RAM jadi BC (sebelumnya OC), Juda jadi BI (sebelumnya ON), Edi Sud jadi ON (sebelumnya BC) dan Didik yang sebelumnya KUPT KLM, dipercaya jadi petinggi OC.

Sekali lagi loh ya. Jabatan itu amanah dan bisa kapan aja berganti dan beralih. Jadi, laksanakan aja apa yang seharusnya dikerjakan, yang penting hasilnya gak merugikan perusahaan dan berguna bagi banyak orang / pihak. Gitu.

Selain isu mutasi, ada juga yang sumringah mendapat momongan. Siapa dia ? Keppo deh. Ada juga yang bagi2in undangan buat nikah di tgl 30/04/17. Lantas ada yang ngadain sidak ke JO BUMIKALOG juga. Seru deh pokoknya.


Ooops, ada juga yang biz trip ke Probolinggo dan sekitarnya (Hi Juda, Hi Eggy), biz trip ke Bandung (Bang Toyib & the Gang), penganten baru yang berbulan madu ke Malang (Hi Candra), pikinik ke Prambanan (Hi Devy)  dan yang pikinik ke Penang (Hi Ticho).

Dokumentasinya, disimak aja ya.


Sumber : KALOG / Foto : KALOGers.

[English Free Translation]
This week is known as a mutation days because many officials were transferred. Other KALOGers permanent action around the issue of the culinary, reunions, family gatherings or free event betcha. The important thing holidays should be enjoyed by both.