Kamis, 23 Januari 2014

[KU-023/2014] KALOG Siap Investasi Rp282 Miliar

JAKARTA: PT Kereta Api Logistik, anak perusahaan PT Kereta Api Indonesia (Persero) menginvestasikan hingga Rp282 miliar untuk memperkuat sarana sekaligus membangun infrastruktur stasiun.

 Direktur Utama PT Kereta Api Logistik (KALOG) Rustam Harahap (sebagai info, beliau tutup usia tgl 12/01/14 dan info ini merupakan laporan yang tertunda) mengatakan dana investasi itu diperoleh dari suntikan induk perusahaan serta pinjaman perbankan.

Menurutnya, pihaknya tengah memfokuskan kinerja untuk mengembangkan berbagai infrastruktur dan kekuatan armada kereta api pengangkut.

Sesuai rencana kerja 2014, dia menjelaskan pihaknya fokus memperkuat posisi jasa logistik ketimbang melebarkan sayap usaha.

“Fokus hanya 5 pelayanan, di darat jasa kontainer dan jasa kurir, perawatan area, jasa pergudangan dan jasa depo. Jadi memang KALOG fokus ke pengembangan angkutan saja”, katanya kepada Bisnis, Minggu (12/01).

Awalnya, paparnya, pihaknya juga bakal menggarap usaha forwarder tetapi belum disetujui pemegang saham (PT KAI).

Rustam memaparkan investasi Rp282 miliar berasal dari suntikan perusahaan induk sebesar Rp64 miliar, dana cadangan Rp104 miliar dan dana pinjaman perbankan.  “Pinjaman Bank BRI itu Rp114 miliar,” tegasnya.

Pada tahun ini, lanjutnya, KALOG siap mengucurkan banyak investasi untuk membangun ban berjalan (conveyor belt) guna mendukung angkutan batubara dan kontainer, serta alat pengangkat kontainer yang disebut Reach Stacker (edited).

Selain itu, tambahnya, KALOG membutuhkan dana guna membangun infrastruktur pendukung stasiun bongkar-muat.

Perusahaan logistik yang didirikan tahun 2009 itu, paparnya, menggelontorkan dana miliaran rupiah untuk membebaskan lahan seluas 7,2 hektar di Sungai Lagoa (edited), Jakarta Utara, yang letaknya tak jauh dari Stasiun Tanjung Priok. Selain itu, KALOG juga membebaskan lahan seluas 4,9 hektar di Kalimas, Surabaya, Jawa Timur.

“Kami bebaskan lahan, sekaligus menyewa dari PT KAI, per hektar seharga Rp6 miliar di Sungai Lagoa (edited)”, paparnya.

Di lain sisi, terdapat rumusan pengembangan bisnis di luar Rencana Kerja Anggaran Perusahaan (RKAP) 2014”.

Rustam menyatakan KALOG tengah menjajaki kerjasama logistik dengan produsen Semen Jawa dan Semen Merah Putih. Tidak hanya itu, KALOG juga membuka peluang pengangkutan air dan gas.

“Kami dipercayakan Danone mengangkut air dari Cicurug, Bogor sampai Jakarta, serta pengangkutan LNG (liquified natural gas),” jelas Rustam. (Kahfi).

Sumber : Bisnis Indonesia, 13.01.14.

[English Free Translation]


PT Kereta Api Logistik (KALOG), a subsidiary of PT Kereta Api Indonesia (Persero) invest up to Rp282 billion to strengthen infrastructure facilities and stations.

1 komentar:

  1. saya sangat berterima kasih banyak MBAH RAWA GUMPALA atas bantuan pesugihan dana ghaib nya kini kehidupan kami sekeluarga sudah jauh lebih baik dari sebelumnya,ternyata apa yang tertulis didalam blok MBAH RAWA GUMPALA itu semuanya benar benar terbukti dan saya adalah salah satunya orang yang sudah membuktikannya sendiri,usaha yang dulunya bangkrut kini alhamdulillah sekaran sudah mulai bangkit lagi itu semua berkat bantuan beliau,saya tidak pernah menyangka kalau saya sudah bisa sesukses ini dan kami sekeluarga tidak akan pernah melupakan kebaikan MBAH,,bagi anda yang ingin dibantu sama MBAH RAWA GUMPALA silahkan hubungi MBAH di 085 316 106 111 insya allah beliau akan membantu anda dengan senang hati,pesugihan ini tanpa resiko apapun dan untuk lebih jelasnya buka saja blok mbah PESUGIHAN DANA GHAIB TANPA TUMBAL

    BalasHapus