Thursday, January 9, 2014

[KU-009/2014] Tak Lagi Pakai Truk, 1 Juta Kontainer Pantura Bakal Diangkut Kereta Api

Jakarta - Jalur ganda kereta api Jakarta-Surabaya akan segera beroperasi pada April 2014 nanti. Jika telah beroperasi, dipastikan angkutan barang yang selama ini memadati jalur darat pantura akan dialihkan.

Wakil Menteri Perhubungan Bambang Susantono menjelaskan, salah satu dampak positif yang dihasilkan dari beroperasinya jalur ganda ini adalah penambahan kapasitas. Jalur ganda akan menambah kapasitas hingga 3 kali lipat.

"Kapasitas tentu akan meningkat 2 hingga 3 kali lipat. Kalau kapasitas meningkat berarti kemampuan angkut barang dan penumpang juga meningkat," kata Bambang saat melakukan inspeksi jalur ganda Cirebon-Surabaya, Rabu (8/1/2014).

Bambang belum bisa mengatakan komposisi antara angkutan penumpang dan barang jika ini telah beroperasi. Pemerintah akan mengkaji lebih lanjut mengenai hal itu.

"Dua-duanya prioritas," tambahnya.

Meski demikian, dia yakin jika telah beroperasi akan ada 1 juta kontainer barang per tahun yang mampu diangkut kereta yang melewati jalur ganda ini. Itu bisa mengurangi kepadatan di jalan raya pantura.

"Kita mengharapkan 1 juta kontainer pindah dari jalan raya ke sini. Artinya 1 juta truk akan hilang dari jalan. 1 juta truk hilang itu artinya kan penggunaan BBM akan lebih hemat, polusi akan lebih kecil, dan penggunaan ruang jalan akan lebih efisien," paparnya.

Sumber : detikFinance, 08.01.14.

[English Free Translation]

Double track railway Jakarta-Surabaya will be operational soon in April 2014. If you have been operating, ensured the transport of goods that had been running, will be transferred overland to railway mode. Deputy Minister of Transportation Bambang Susantono explained that one of the positive impact resulting from the operation of the double-track is adding capacity. Double track will add capacity up 2 to 3-folds.

No comments:

Post a Comment

[KU-179/2021] Dirut KAI Commuter Mukti Jauhari Tutup Usia

  Bisnis.com, JAKARTA - Keluarga besar KAI Group khususnya KAI Commuter hari ini berduka. Direktur Utama KAI Commuter Mukti Jauhari meningg...