Jumat, 18 September 2015

[KU-257/2015] Kereta Angkutan Semen Bima Segera Dioperasikan

BANYUMAS: PT Kereta Api Indonesia (Persero) segera mengoperasikan kereta angkutan semen Bima produksi PT STAR (Sinar Tambang Artha Lestari) Ajibarang, Banyumas pada 1 Oktober 2015 mendatang.

Untuk saat ini PT KALOG, anak perusahaan PT KAI sedang mengebut pembangunan infrastruktur Loading Area di Stasiun Kretek, Brebes yang menangani angkutan semen ini.
Manager Corcomm PT KAI Daop 5 Purwokerto, Surono menyebutkan, Loading Area ini meliputi Seaway seluas 6000 meter persegi dan bangunan Over Kaping seluas 2960 meter persegi untuk trasnsit muatan semen dari truk ke Kereta Api.

“Pembangunan infrastruktur Loading Area tersebut saat ini sudah 70 persen. Untuk tahap awal angkutan semen Bima baru satu tujuan yaitu Stasiun Klari, Karawang. Volume angkutan pada tahap awal baru 800 ton per dua hari sekali yang akan diangkut menggunakan 20 gerbong dalam satu rangkaian KA” katanya.

“Proyeksi angkutan semen Bima dengan KA pada tahun 2016 akan mencapai 2500 ton perhari, sedangkan pada tahun 2017 volume angkutan semen Bima diproyeksikan mencapai 3500-4000 ton perharinya,”ungkapnya.

Kedepan seiring dengan terus meningkatnya kapasitas produksi pabrik semen Bima, PT KAI berencana akan membuat jalur simpang langsung dari lokasi pabrik semen di Ajibarang, Banyumas.

“Ada dua alternatif untuk titik penghubung jalur simpang dengan jalur rel utama eksisting, di Stasiun Karangsari atau Stasiun Legok. Dengan pembangunan jalur simpang ini kedepan diharapkan akan semakin memperbesar kapasitas dan memperlancar angkutan semen Bima dengan KA tanpa harus membebani jalan raya” terangnya.

Sumber : Harian Banyumas, 15.09.15.

[English Free Translation]
PT Kereta Api Indonesia (Persero) thru affiliated PT Kereta Api Logistik (KALOG0 will operate cement  rail transport cement belongs to PT STAR (Sinar Tambang Artha Lestari) Ajibarang, Banyumas on October 1st, 2015.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar