Selasa, 27 Januari 2015

[KG-027/2015] KA Lintas Sumatera Siap Diwujudkan

BaNDuNG: Boleh dibilang pembangunan jaringan rel kereta api (KA) Trans Sumatera, bila mampu diwujudkan dalam kurun waktu 5 (lima) tahun merupakan sebuah keajaiban. Gak terbayangkan pengaruh sosial ekonomi yang ditimbulkan karenanya.

Artinya, roda perekonomian di daerah yang dilintasi oleh KA, akan menggeliat dan lalu lintas penumpang di area utara ke selatan dan begitu juga sebaliknya, di bumi Sumatera ini akan menjadi kenyataan. Semoga benar-benar akan menyumbangkan kesejahteraan bagi masyarakat umum.

--- quote ---

(artikel) Jalur KA Lintas Sumatera Dikebut 5 Tahun.

PADANG: Pembangunan KA Lintas Sumatera dikebut dalam 5 tahun ini. Pembangunan jalur angkutan massal itu akan menguhubungkan Sumatera Utara sampai ke Lampung. Panjang jalur KA yang bakal diaktifkan sepanjang 1400 KM.

Hanya 2 provinsi di Pulau Sumatera yang tidak dilewati jalur Trans Sumatera tersebut yaitu Provinsi Bangka Belitung dan Kepualuan Riau.

"Barusan kami mengadakan pertemuan membahas rencana jalur KA. Nyambung dari Sumut ke Lampung,” ujar Menhub Ignasius Jonan.

Ia mengatakan, pengakifkan KA Lintas Sumatera ditargetkan selesai dalam 5 tahun ini.

Sumber : Padang Ekspres, 23.01.15.

--- unquote ---

Setidaknya sudah ada usaha, bukan tidak pernah ada leinginan mewujudkan mimpi tersebut.

Sumber : Dari Sana-sini.

[English Free Translation]

Arguably the construction of rail networks (KA) Trans Sumatera, if it can be realized within a period of 5 (five) years, just like a miracle. Not inconceivable socioeconomic influences may cause. But we do hope in the positive direction.


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar