Minggu, 11 Januari 2015

[KG-011/2015] Ambarawa : KA Wisata Mulai Dirutinkan Per Tgl 10/01/15

JaKaRTa: Lagi, mengenai perkembangan perjalanan kereta wisata (kawis) yang melayani rute Ambarawa - Tuntang pp sejauh 12km.
Ada perkembangan bagus yang kita terima langsung dari KS Ambarawa - Tri Prastiyo. Ikuti infonya dibawah ini.

Sebagai diketahui, pengunjung wisata perjalanan kereta wisata dari Sta Ambarawa-Sta Tuntang bolak-balik sejauh 12 km selalu membludak. Itu berdasarkan pantauan kita di lapangan. Padahal kawisnya menggunakan loko diesel, bukan loko uap. Perkaranya menggunakan loko uap berbahan bakar kayu lebih mahal, jadi disesuaikan.

Memang hingga saat ini, kondisi Museum Ambarawa yang menempel erat dengan fungsi stasiun Ambarawa, masih dalam tahap renovasi. Demikian pula kondisi stasiun Tuntang masih dalam kondisi di renovasi. Namun minat masyarakat untuk mengetahui potensi sejarah lama perkeretaapian sulit dibendung.

Angka kunjungan selama masa liburan sekolah dan akhir tahun kemaren, mencapai angka 600-700 pengunjung setiap harinya. Di hari-hari biasa, hanya dikisaran angka 150-200 orang saja. Artinya hampir 3x lipat lonjakannya. Mulanya kawis ini dioperasikan hanya di waktu tertentu, yaitu 28/12/14 sampai dengan 05/01/15.

Dua hari yang lalu, kami mendapat kabar bahwa kawis ini akan dirutinkan perjalanannya mulai tgl 10/01/15 dan masyarakat luas bisa memanfaatkan kesempatan ini dengan baik. Ingat, berlaku hanya di hari Sabtu dan Minggu, plus hari libur nasional. Jadi tidak dioperasikan setiap hari. Hari Sabtu hanya ada 1x yakni jam 13.00 sedangkan hari Minggu ada 2x pemberangkatan yaitu jam 11.00 dan 14.00.

Nah, bagi yang berminat, mulailah membuat rencana supaya gak kecele. Sampe Ambarawa keburu penuh ato ketunda ke hari berikutnya, khan mubazir waktunya. Kecuali punya waktu senggang dan ada duit lebih, ya monggo bisa pergi dadakan. Selamat berwisata ya.


Oh iya, ada cuplikan info tambahan, terkait revitalisasi jalur kereta api Ambarawa - Kedungjati. Sebaiknya kita tahu loh. Ambarawa maning, Ambarawa maning, jangan bosen ya.

--- quote ---

(artikel) "Bom" Waktu di Sepanjang Jalur Kereta Api Ambarawa-Kedungjati

SEMARANG: Konsultan Pengawas Proyek reaktivasi jalur KA Sta Kedungjati-Tuntang, PT Dardela, Arista Gunawan mengatakan, dari sisi teknis pekerjaan sudah baik dan sesuai yang ditentukan.

Namun, permasalahan baru muncul. Pihaknya kini justru mewaspadai terjadinya longsoran tanah dan labil dari bekas timbunan sampah dan septiktank. Sepanjang 36.7 km jalur ini, diperkirakan ada ratusan kolam tinja bekas permukiman warga.

“Sebab setelah dilakukan pengeprasan tanah posisi septiktank ada di atas dan rel kereta ada di bawahnya. Bisa jadi sewaktu-waktu jebol,” katanya. Pihaknya sebenarnya telah memasang retaining wall atau talut. Hanya saja, belum semua jalur yang di kanan dan kiri rel berbukit itu dipasang. Sebab, belum ada anggaran dan keterbatasan waktu.

Selain itu, di sekitar Sta Kedungjati, Kab. Grobogan adalah bekas pasar dan dulunya untuk menimbun segala macam sampah, sehingga tanahnya menjadi gembur. Jika tidak ditangani secara baik rel bisa amblas.

Sebenarnya, masalah ini sudah diatasi dengan cara mengeruk tanah yang lama diganti dengan tanah baru.

Sumber : Kompas, 30.12.14.

--- unquote ---

Sumber : KALOG / Foto : RAM.

[English Free Translation]
Starting January 10th, 2015 the train which serve the tourist from Ambarawa - Tuntang station will be ready to operate on a regular basis, especially on Saturdays and Sundays and other public holidays. Congratulations !

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar