Rabu, 28 Januari 2015

[KA-028/2015] Menhub RI Ignasius Jonan Lakukan Kunker, Bahas KA Trans Sumatera

SuRaBaYa: Niatan Menteri Perhubungan, Ignasius Jonan untuk mewujudkan keinginan membangun jaringan kereta api Trans Sumatera tidak pupus ditengah jalan. Setidaknya, setelah didaulat menjadi Menhub, saat masih menjabat Dirut PT Kereta Api Indonesia (Persero) keinginan tersebut masih membara.

Kini dengan kewenangan yang dimiliki Menhub, semoga cita-cita mewujudkan jalur KA Trans Sumatera menjadi lebih mudah dan cepat. Sosialisasi pun dilakukan dengan gencar supaya dukungan menguat dan proyek dapat segera maujud.

Hari Jum'at 23/01 Menhub memulai kunjungan kerja ke Medan, Sumatera Utara. Kedatangan beliau di Medan disambut oleh D7, VP Divre I SU, DU Railink, Jajaran Ditjenka, AP II dan Dinas Perhubungan Sumut.

Setibanya di Bandara Kualanamu Bapak Menhub langsung  menuju ARS dan sempat memberikan Piagam Penghargaan kepada beberapa petugas Pengamanan Bandara.

Kemudian melanjutkan perjalanan ke Medan menggunakan KA Bandara dan meneruskan kunjungan kerja ke Pelabuhan Belawan.


Di hari yang sama, Jum'at 23/01, Menteri Perhubungan Ignasius Jonan melanjutkan kunjungan kerja ke Bandar Lampung, kedatangannya disambut oleh Gubernur Lampung M.Ridho beserta jajarannya di Bandara Radin Intan.

Dari Bandara Radin Intan Menhub beserta rombongan didampingi Kapolda Lampung, Danrem 043 Gatam, Danlanal, D3, EVP Divre III SS, langsung menuju stasiun KA Tanjungkarang.

Tiba di stasiun Tnk Menhub langsung disambut oleh VP SDR III.2 Tnk dan jajaran, Menhub melihat fasilitas pelayanan di stasiun Tnk, memeriksa ruang meeting kru KA, dilanjutkan mengadakan pertemuan di ruang VIP stasiun Tanjungkarang, setelah itu Menhub memberikan kesempatan jumpa pers dengan awak media cetak dan elektronik.


Berikut, ada juga cuplikan berita terkait perkembangan jalur KA Trans Sumatera. Kontribusi artikel dan foto : CorComm PT KAI Divre 1 dan Divre 3.2..

--- quote ---

(artikel) Jalur Trans Sumatera, Tahun Ini Jalur Kereta Lampung-Aceh Dimulai

LAMPUNG: Menhub Ignasius Jonan menargetkan proyek jalur KA Trans-Sumatera Railways dimulai tahun ini. Jalur KA Sumatera Railways itu menurut rencana membentang dari Lampung hingga Aceh.

“Total panjang jalur KA itu sekitar 1.400 km dan dibangun dalam jalur ganda. Pengerjaannya pasti periodik. Kami belum tahu kapan bisa selesai. Namun, kami berharap bisa dirampungkan secepatnya,” ujar Jonan saat melakukan kunjungan ke Sta Tanjungkarang, Bandar Lampung, Jumat (23/1).

Sementara VP Subdivre 3.2 Tanjungkarang Heru Kuswanto mengatakan, pihaknya siap mendukung proyek nasional tersebut. Ia menyatakan tidak ada masalah mengenai pembebasan lahan untuk jalur Lampung-Kertapati, Sumsel.

“Untuk sektor Lampung-Kertapati tidak ada masalah karena PT KAI sudah memiliki lahan untuk jalur KA. Pembangunan jalur ganda juga tidak akan menjadi masalah karena berdiri di atas lahan milik PT KAI,” ujarnya.

Sumber : Kompas, 24.01.15.

--- unquote ---

Artikel terkait dengan info Trans Sumatera, silahkan baca : [KG-027/2015] KA Lintas Sumatera Siap Diwujudkan dan [KU-025/2015] Penyertaan Modal Negara, KAI Fokus Bangun KA Trans Sumatera.

[English Free Translation]
Transport Minister, Ignasius Jonan targeting the Trans-Sumatra railways will start this year. According to the plan, Trans Sumatera railway will stretches from Lampung to Aceh, about 1400 km. Good luck.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar