Kamis, 11 September 2014

[KG-250/2014] Cerita PT KAI Soal Kuburan Massal Bangkai KRL Ekonomi di Purwakarta

JaKaRTa: Ini ihwal kuburan KRL yang ada di Stasiun Purwakarta (PWK). Tempo hari, saat mendapat penugasan membenahi areal "kuburan" massal ini, bukannya merinding ehh malah kepengen banget cepet dapet proyeknya he he he ...

Kebetulan ada artikel seputar bangkai KRL yang sudah gak terpakai dan teronggok di areal seluas itu. Coba deh simak cuplikan info dari detik.com buat referensi kita semua. Ini merupakan proyek tahap II. Sebelumnya PT Kereta Api Logistik (KALOG) juga mengerjakan proyek tahap I.

Ratusan gerbong KRL ekonomi bekas ditumpuk-tumpuk di kawasan Sta Purwakarta. Beberapa gerbong tampak berkarat dan terlupas catnya.

"Kereta ini ada yang sudah beroperasi dari tahun 80-an sehingga sudah tak ada lagi suku cadangnya. Ini juga sudah dikanibal jadi memang sudah tidak ada yang tersisa lagi," kata SM Corporate Communications Daop 1 Agus Komarudin.

Agus mengatakan, ada 181 KRL yang ada di Sta Purwakarta. Rencananya akan ada sekitar 30 kereta lain yang akan diangkut dari Manggarai ke lokasi ini. "Kabarnya akan ada kereta lain yang datang kemari," katanya.


Lantas, apakah tumpukan KRL ekonomi yang pernah berjasa tersebut mengganggu pemandangan ? Gak juga tuh. Malah di hari biasa saja menjadi tontonan warga, apalagi di malam minggu. Beuuuuh, top abiz jadi pilihan tempat wakuncar ato plesiran sebagian komunitas pecinta kereta api (KA).

Setidaknya, terdapat 181 bangkai gerbong KRL ekonomi yang sudah tak terpakai lagi di Sta Purwakarta. Gerbong lawas ini sudah tidak bisa diperbaiki lagi karena sudah tua sehingga suku cadangnya sudah tidak ada.

Agus Komarudin menyatakan kereta-kereta bekas ini bisa dijual melalui sistem lelang. Namun sebelum lelang PT KAI harus memisahkan dulu mana kereta milik pemerintah dan mana yang milik KAI. Hal ini perlu dilakukan karena pada masa lalu KRL ekonomi dioperasikan oleh pemerintah melalui Kemenhub.

"Kalau kapan lelangnya itu tergantung pusat," kata Agus. Saat ditanya berapa harga per gerbong akan dilepas PT KAI, Agus belum bisa menjawabnya. "Nanti soal harga dan spesifikasi juga nanti diatur pusat," katanya.

Lantas, apa juga tanggapan Direktur Utama PT Kereta Api Indonesia (Persero) Ignasius Jonan tentang nasib KRL bekas ini ?

"Bangkai-bangkai kereta itu akan di-scrap dan dijual ke Krakatau Steel," kata Dirut PT KAI Ignasius Jonan. Jonan mengatakan, kereta itu akan dijual secara borongan kepada perusahaan Krakatau Steel.

"Saya tidak mau jual satuan, mending sekaligus semuanya dijual ke Krakatau Steel," katanya.

Sumber : detik.com + prolog RAM / Foto : RAM – Eko DJ.

--- quote ---

(artikel-detik) 4 Kereta Bersejarah Diselamatkan dari Kuburan Massal KRL di Purwakarta.

JAKARTA: Ratusan gerbong KRL yang telah uzur ditumpuk-tumpuk di Sta Purwakarta. PT KAI rencananya akan menjual gerbong-gerbong tua ini ke PT Krakatau Steel untuk dilebur. Namun ada 4 gerbong yang akan diselamatkan dari lokasi ini.

"Yang berasal dari tahun 1974. Kereta-kereta ini merupakan generasi awal KRL," kata Kepala Pusat Arsitektur Desain PT KAI Ella Ubaidi. Ella mengatakan, 4 kereta ini rencananya akan ditempatkan di museum KRL yang akan segera dibangun.

Museum KRL ini akan memberikan gambaran bagaimana sistem kereta listrik bekerja melayani warga Jakarta dan sekitarnya. "Sekarang kan banyak yang tidak tahu dari mana listrik KRL itu berasal, lalu bagaimana mekanismenya," katanya.

--- unquote ---

[English Free Translation]
This is the second phase of the project. Previously, PT Kereta Api Logistik (KALOG) worked on the project phase I. Hundreds of former economic KRL piled in Purwakarta station. Some train seem to rust and chipped paint.


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar