Minggu, 28 September 2014

[KG-267/2014] Kegiatan, Aksi Sosial Hingga Upacara HUT PT KAI Ke-69

BaNDuNG: Rupanya, gak cuma kegiatan olah raga 'loh yang menyongsong hari jadi PT Kereta Api Indonesia (Persero) ke-69 pada tgl 28/09/14. Ada sejumlah kegiatan umum lainnya, seperti Tasyakuran dan pengajian, donor darah serta lomba-lomba bertabur kegembiraan. Baca rujukan sebelumnya di [KG-266/2014] Hasil PORKA 2014, Daop 6 YK Juara Umum.

Selain kegiatan diatas, adapula kegiatan bertemakan semangat inovasi dan perbaikan. Kegiatan ini diapresiasi melalui acara "Innovation & Improvement Award (IIA) 2014" yang diadakan oleh unit Quality Assurance and GCG, yang merupakan sebuah acara tahunan untuk menunjukan banyaknya ide dan gagasan inovasi insan perkeretaapian.


Di hari Sabtu 27/09, hampir semua Daop dan Divre menyelenggarakan pengajian dan do'a bersama, disambung dengan sumbangan kepada anak-anak panti asuhan sebagai bentuk kepedulian perusahaan pelat merah perkeretaapian, terhadap anak-anak bangsa yang belum beruntung.


Di hari Jumat 26/09, ada kegiatan ziarah dan tabur bunga ke Taman Makam Pahlawan Cikutra, Bandung. Ikut hadir dalam kegiatan ini yaitu D4 dan D5. Sebelumnya dilaksanakan upacara penghormatan kepada para pahlawan kereta api dengan inspektur upacara D5.


Acara puncak peringatan hari jadi PT Kereta Api Indonesia (Persero) ke-69 dilakukan pada hari Minggu 28/09 dengan upacara penuh khidmat di seluruh kantor Daop dan Divre di seluruh Jawa dan Sumatera, termasuk Kantor Pusat di Bandung. Dalam apel akbar tsb, dibacakan sambutan Komisaris Utama PT. KAI (Persero) dengan tema "KITA WUJUDKAN KESINAMBUNGAN TRANSFORMASI KERETA API  UNTUK INDONESIA YANG LEBIH BAIK".


Apel peringatan ini juga merupakan wahana untuk mengenang lebih jauh dan menghayati perjalanan sejarah perkeretaapian di era 1945 yang sarat dengan perjuangan dalam mencapai kemerdekaan. Peserta Apel dihadiri oleh segenap jajaran direksi, direksi anak perusahaan (khusus kantor pusat) sedangkan apel di Daop dan Divre dipimpin langsung oleh EVP/VP terkait, SM, Manajer serta perwakilan anak perusahaan.

Dalam apel tsb, diumumkan pula penghargaan bagi para pensiunan, bea siswa bagi anak pegawai PT KAI yang berprestasi serta pemberian hadiah hasil berkarya di acara PORKA 2014, yang diselenggarakan di Bandung, Jawa Barat.

Usai apel ... Ada kejutan bagi para penumpang kereta api di sejumlah stasiun besar, yakni Program Kado KAI 69, seperti yang dilakukan di Stasiun Besar Kertapati (Palembang), Bandung, Yogyakarta, Surabaya dan lain-lain. Mereka mendapat souvenir dan goodie bag PT KAI serta mendapat tiket kelas eksekutif berdasarkan hasil undian.


Puncak acara hari jadi PT KAI yang dihelat kantor pusat, dilaksanakan di Pusat Pendidikan dan Pelatihan Ir. H. Djuanda PT. Kereta Api Indonesia (Persero) di Jl. Laswi, Bandung. Bertindak selaku Inspektur Upacara - Komisaris Utama PT Kereta Api Indonesia (Persero) Imam Haryatna.


Dalam peringatan tahun ini nama Ir. H. Djuanda, Pahlawan Nasional Indonesia, yang juga Kepala Pertama Djawatan Kereta Api (DKA), diresmikan sebagai nama Pusat Pendidikan dan Pelatihan PT. KAI.

Di hari bersejarah ini pula, dilakukan peluncuran buku "Mengubah Indonesia Lewat Kereta Api" dan penandatanganan prasasti lokomotif B5112 oleh Dirut PT KAI, yang telah selesai direstorasi untuk dipamerkan. Liputan perbaikan lok B5112, silahkan baca [KA-261/2014] Restorasi Loko Tua B5112.

Cukup panjang dan lengkap khan liputannya ? Apakah Anda bangga menjadi bagian dari sebuah perubahan besar di tubuh institusi perkeretaapian saat ini ? Gak perlu dijawab via SMS ato nge-tweet segala. Cukup direnungkan didalam hati dan dilaksanakan secara nyata dalam kehidupan keseharian.

Sebagai penutup, kami sampaikan pesan dari Direktur Utama PT Kereta Api Indonesia (Persero), Ignasius Jonan yang didistribusi via milis internal pagi ini sbb,

--- quote ---

Perjalanan perkeretaapian kita ditangan Republik Indonesia telah mencapai 69 tahun pada hari ini.
Perjalanan ini adalah perjalanan yang hampir sepanjang perjalanan negara kita tercinta.

Diawal perjalanan perkeretaapian di tahun 1945, kita mewarisi lebih dari
8.000KM jalan rel dan lebih dari 1.200 lokomotif, belum termasuk gerbong barang dan kereta penumpang dalam berbagai bentuk.

Pada saat ini, kita memiliki sekitar 500 Lokomotif dan mengoperasikan sekitar
5.000 KM jalan rel dan lebih dari 6.000 gerbong dan lebih dari 1.500 kereta, 600 KRL dan lebih dari 100 KRD.

Akankah masa kebesaran KAI seperti diawal kemerdekaan kita kembali lagi?
Saya berkeyakinan bahwa masa kejayaan itu akan segera kembali lagi, mungkin 5-10 tahun mendatang, kita akan melihat KAI beroperasi jauh melebihi masa kejayaan di awal tahun 50an.

Untuk mengembalikan masa kejayaan tersebut diperlukan kerja keras, konsisten, disiplin dan mengikuti kebutuhan pelanggan tanpa kenal lelah dan harus semakin bersih dari KKN.

Dirgahayu Kereta Apiku

--- unquote ---

Majulah PT KAI dan jaya dalam raihan masa depan bangsa.

Sumber : CorComm PT KAI + PT KALOG / Foto : CorComm PT KAI – Aulia - Myrna.

[English Free Translation]

September 28  is a special date and celebrated as the birthday of PT Kereta Api Indonesia (Persero). This year even 69 years and various activities done to enliven the anniversary of the beloved company. For further details, read more above article.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar