Selasa, 26 Mei 2015

[KU-144/2015] Kisah di Gerbong Duit KAI. Profil Mengenai Direktur Keuangan PT KAI, Kurniadi Atmosasmito


BUMN TRACK: PT KAI terus melaju. Lonjakan perubahan sangat terasa pada BUMN di bidang transportasi ini. Perubahan akan terus dilakukan oleh PT KAI. Tentu saja, perubahan itu membutuhkan dana yang tak sedikit.

Nah, berbagai perubahan yang kasatmata tersebut mampu menarik pemilik dana. Buktinya, perubahan itu mampu membuat US Exim Bank kepincut. Bahkan PT KAI adalah perusahaan pertama Indonesia yang dapat mengakses dana pinjaman tanpa jaminan.

Nilai pinjaman itu mencapai US$ 94 juta atau setara Rp1,2 triliun (kurs Rp13 ribu). Uang ini sedianya modal untuk pembelian 50 unit lokomotif. Bagaimana PT KAI melaju kencang dan bisa dipercaya lembaga keuangan tersebut? Kurniadi Atmosasmito menjawabnya.

“Di bawah Pak Jonan, kami bekerja sesuai tugasnya. Saya mencari uang dan memenuhi kebutuhan biaya yang melonjak akibat perbaikan operasional, sumberdaya manusia, hingga transformasi layanan,” jelas ayah dua putra ini.

Berbagai strategi dia terapkan di PT KAI untuk membuatnya lebih sehat. Utamanya adalah revitalisasi aset. Saat ini, KAI memiliki aset tanah mencapai 270 ribu hektar yang membentang dari Anyer hingga Panarukan. Itu belum ditambah rencana pengembangan kereta di sebagian besar Sumatera.

Ini merupakan aset BUMN yang terbesar. Revitalisasi aset itu adalah bagian dari pembenahan bisnis dan itu ada di tangan Kurniadi. Beberapa strategi yang dilakukan, seperti secara bertahap melakukan sertifikasi aset tanah untuk menghindari risiko diserobot orang. Tanah yang sudah bersertifikat sudah mencapai 54%.

“Karena dulu selama 65 tahun diurus kurang benar. Baru direksi terakhir-terakhir saja. Sertifikasi dilakukan dengan skala prioritas yang paling berpotensi diserobot orang, yaitu yang berlokasi di kota-kota,” katanya.

Kini, perubahan kinerja PT KAI sudah terlihat. Dan terlihat pula kepiawaian Kurniadi dalam melipat uang dalam dompet PT KAI.

Sumber : BUMN Track, edisi April 2015.

[English Free Translation]
PT KAI keep going thru. Surge changes are felt in the SOE's in the field of transportation biz. Changes will continue to be done by PT KAI. Of course, the changes require funding that is not small. Featuring profiles Finance Director of PT KAI and he explain about company’s policy.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar