Sabtu, 16 Mei 2015

[KG-134/2015] It's SAP Time For KALOG !

JaKaRTa: Hari Jumat 08/05/15 merupakan salah satu tanggal bersejarah bagi PT Kereta Api Logistik (KALOG). Kenapa coba ?

Sebelumnya KALOG baru aja memperoleh pengakuan internasional dengan meraih sertifikat ISO 9001:2008, maka gebrakan selanjutnya adalah melakukan kick-off meeting untuk menerapkan sistem SAP.

Nantinya, sistem ini akan terintegrasi langsung dengan kantor pusat PT. Kereta Api Indonesia (Persero) ato PT KAI. Ooops iya nih. Kegiatan Kick Off Meeting dibuka oleh Dirut PT. KALOG, yang dilanjutkan dengan sambutan dari D6 PT KAI.

Dalam sambutannya, D6 menjelaskan bahwa pilihan untuk menggunakan SAP sebagai sistem penunjang operasi PT. KAI merupakan sebuah pilihan yang pada awalnya mendapatkan banyak tantangan bahkan penolakan dari banyak pihak.

Akan tetapi, dengan konsistensi dari BOD PT. KAI maka program penerapan SAP ini terus berlanjut dan pada akhirnya secara bertahap berhasil diterapkan. Keberhasilan menerapkan SAP di PT KAI ini mendapatkan apresiasi dari stakeholder PT KAI.

Momentum ini sekaligus membuktikan keberhasilan transformasi di perusahaan pelat merah yang sering mendapatkan banyak penghargaan di era Jonan. Hingga kini masih dapat loh, walau tidak sebanyak di era Jonan. Tapi yang penting, kita kerja bukan untuk mencari penghargaan tetapi tulus untuk menerapkan konsistensi.

Induk perusahaan merasa perlu menularkan SAP kepada PT KALOG sebagai anak perusahaan yang dianggap lebih siap untuk mengimplementasikan sistem ini. Apalagi mayoritas bisnisnya "B-to-B". Rasanya gak ada yang diragukan lagi.

SAP merupakan salah satu sistem untuk memproduksi laporan keuangan yang sesuai dengan standar internasional. Adapun modul-modul yang siap dicangkok yaitu Financial Accounting (FI), Controlling (CO), Cash Management (TR), Fund Management (FM), Material Management (MM), Sales & Distribution (SD), dan Human Resource (HR).

Diharapkan, semua modul ini nantinya akan Go Live per tgl 01/10/15. Implementasi ini bisa dipastikan akan membawa angin perubahan sehingga harus bisa diantisipasi dengan baik, agar proses transisi dan implementasinya berjalan lancar.

Tugas tim ERP KALOG menanti didepan mata. Tidak ada yang tidak mungkin, apalagi sudah mengantongi sertifikasi ISO. Artinya, kesadaran merubah pola berpikir dan bertindak secara sistematis sudah ada. Tinggal memoles dan merapihkan, Insya Allah mancarli.

Its SAP Time !

Sumber : VP QA & IC - Erwin Suryadi.

[English Free Translation]
Friday, May 8th will mark as a historic date for PT Kereta Api Logistik (KALOG). Do you wanna know ? VP QA & IC write a brief story as above.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar