Friday, November 30, 2018

[KU-xxx/2018] Uji Coba Biodiesel 20% Pada Kereta Api, Ini Hasilnya


JAKARTA : KAI melakukan pencampuran 20% biodiesel (B20) pada uji coba lokomotif setelah diberlakukannya pencampuran 20% biodiesel (B20) pada kendaraan roda 2 dan roda 4. 

Selama 6 bulan, Teknis kajian dan Uji Jalan Penggunaan solar dengan campuran 20% Biodiesel (B20) oleh Kementerian ESDM melalui BLU Lemigas bersama Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) dan Institut Teknologi Bandung, menunjukkan tidak adanya permasalahan pada mesin lokomotif yang diujicobakan. 

Di samping itu, hasil menunjukkan bahwa kualitas bahan bakar B20 memenuhi spesifikasi yang ditetapkan pemerintah. Komponen filter lokomotif berfungsi dengan baik dan telah memenuhi rekomendasi Original Equipment Manufacturer (OEM) periode penggantian filter, yaitu selama 3 bulan

Komponen-komponen yang diujikan adalah mutu bahan bakar B20, performa mesin lokomotif serta performa material komponen mesin seperti pompa bahan bakar dan injektor bahan bakar. Pengambilan sampel bahan bakar B20 dilakukan di tiga Dipo Lokomotif yaitu Tarahan, Tiga Gajah, dan Tanjung Enim Baru

Sampel diambil dari tangki lokomotif, mobil tangki pengiriman, nosel pengisian, tangka penyimpanan dan TBBM Fame. Uji jalan dilakukan pada dua jenis lokomotif CC205 milik PRL/EMD dan dua Lokomotif CC206 milik GE yang digandeng menarik kereta batu bara atau babaranjang. 

Dalam uji coba tersebut, satu unit menggunakan bahan bakar B0 dan satu unit menggunakan bahan bakar B20. Lokomotif-lokomotif yang diuji tersebut telah menempuh jarak sejauh lebih dari 54.000 km untuk mesin Lokomotif Electro Motive Diesel (EMD) dan lebih dari 58.500 km untuk mesin General Electric (GE).
 
"Saat ini Pemerintah memang mendorong penggunaan B20 angkutan orang maupun angkutan barang," ujar Kepala Badan Litbang ESDM FX Sutijastoto. Sujiastoto juga akan menyampaikan rekomendasi atas hasil uji B20 yang aman digunakan untuk KA. 

Penerapan B20 untuk KA merupakan salah satu upaya Kementerian ESDM dalam meningkatkan kualitas transportasi darat di Indonesia. Hal ini sejalan dengan semangat Hari Perhubungan Darat Nasional yang diperingati setiap tanggal 22 November 2018.

Sumber : OkeZone, 25.11.18 / Foto : CNBC Indonesia.

[English Free Translation]
For 6 (six) months, Technical Study and Road Test the use of diesel fuel with a mixture of 20% Biodiesel (B20) by the Ministry of Energy and Mineral Resources through the Lemigas BLU together with the Agency for the Assessment and Application of Technology (BPPT) and the Bandung Institute of Technology (ITB), showed ther’s no problems with locomotive engines being tested.

No comments:

Post a Comment

[KU-179/2021] Dirut KAI Commuter Mukti Jauhari Tutup Usia

  Bisnis.com, JAKARTA - Keluarga besar KAI Group khususnya KAI Commuter hari ini berduka. Direktur Utama KAI Commuter Mukti Jauhari meningg...