Thursday, November 8, 2018

[KU-xxx/2018] Kemenhub Jagokan KAI Jadi Operator Kereta Cepat Jakarta-Bandung


JAKARTA : Ditjenka Kemenhub mendukung jika KAI ingin menjadi operator tunggal Kereta Cepat Jakarta-Bandung. Dirjenka Zulfikri menjelaskan, keinginan KAI menjadi operator Kereta Cepat Jakarta-Bandung akan dibicarakan secara business to business dengan PT KCIC selaku konsorsium. 

Ia menjelaskan, pada dasarnya pemerintah memberikan beberapa izin kepada PT KCIC yakni sebagai badan usaha membangun prasarana dan badan usaha prapenyelenggara sarana. "Itu hak yang membangun, merawat dan mengoperasikan," jelasnya. 

Menurutnya, baik KAI dan PT KCIC sudah termasuk konsorsium yang pemegang sahamnya adalah PT Pilar Sinergi BUMN Indonesia. Dengan demikian hal tersebut bisa diajukan secara business to business. "Ini sifatnya investasi dari PT KCIC, ini bisa saja. Ini akan diajukan pemerintah. Apakah akan kerjasama atau dengan badan usaha yang lain," katanya. 

Sekadar informasi, Dirut KAI Edi Sukmoro saat ditemui di sela-sela Rapat Koordinasi BUMN di Bontang, Selasa, mengatakan pihaknya telah menyurati konsorsium kereta cepat Jakarta-Bandung, PT KCIC untuk mewujudkan keinginan tersebut tanpa bermitra dengan siapa pun. 

"Kami masih menunggu untuk keputusan PT KCIC, apakah KAI menjadi operator. Saya sudah mengirim surat. Saya berharap tidak ada lelang operator," katanya. Dia menjelaskan alasan ingin menjadi operator tunggal adalah ingin memastikan layanan publik yang menurutnya sudah terjamin. 

"Karena layanan KA di Indonesia itu ada layanan publiknya. Bayangkan kalau kereta swasta masuk tanpa ada kolaborasi, lalu dia ada gangguan, maka dia langsung memberhentikan layanannya. Kalau KAI kan tidak," katanya. 

Selain itu, kepastian akan penunjukan KAI sebagai operator sangat ditunggu karena KAI harus melatih sumber daya manusianya. "Kami membutuhkan waktu untuk melatih SDM kami. Jika tidak segera dimulai pelatihannya, nanti saat pembangunan KCJB selesai di akhir 2019, SDM tidak siap," kata Edi.

Sumber : OkeZone, 03.11.18.

[English Free Translation]
Director General of Ministry of Transportation supports if KAI wants to become the sole operator of the Jakarta-Bandung fast train. Dirjenka Zulfikri explained, the desire of KAI to become the operator of the Jakarta-Bandung fast train will be discussed in business to business with PT KCIC as the consortium.

No comments:

Post a Comment

[KU-179/2021] Dirut KAI Commuter Mukti Jauhari Tutup Usia

  Bisnis.com, JAKARTA - Keluarga besar KAI Group khususnya KAI Commuter hari ini berduka. Direktur Utama KAI Commuter Mukti Jauhari meningg...