Wednesday, January 31, 2018

[KG-031/2018] KAI dan KALOG Lakukan Ujicoba Statis terkait SOP Bongkar Muat dan Tanggap Darurat



NaMBo : Bertempat di stasiun Nambo, hari Selasa tgl 30/01 dilakukan ujicoba statis untuk memverifikasi kesesuaian penerapan SOP Bongkar Muat dan Tanggap Darurat dengan pelaksanaan di lapangan. 

Turut hadir dan menyaksikan ujicoba tersebut Direksi KALOG dan Jajaran, VP Terminal & Logistics, VP SHE PT KAI serta jajaran kantor pusat dan Daop 1 Jakarta, jajaran Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK), jajaran Dirjenka, dan jajaran PT Prasadha Pamunah Limbah Industri (PPLI).

Dalam sambutannya Plt. GU menyampaikan bahwa dengan tinjauan langsung uji kesesuaian SOP ini, KALOG berharap perizinan dapat segera diselesaikan. Dan kekurangan serta feedback terhadap ujicoba hari ini akan menjadi catatan untuk dapat segera diperbaiki dan diajukan ke Dirjenka untuk persetujuan SOP.

Dalam ujicoba tersebut, seluruh jajaran berkesempatan untuk meninjau langsung tiga SOP diantaranya SOP keberangkatan mulai dari truk datang hingga muat ke atas GD, SOP kedatangan yang mencakup bongkar dari GD dan muat ke truk hingga truk meninggalkan area stasiun, serta SOP tanggap darurat jika dalam kegiatan operasional ditemukan kebocoran limbah. 

Selama kegiatan berlangsung, beberapa masukan disampaikan oleh Dirjenka untuk menyempurnakan prosedur yang telah disimulasikan hari ini. Simulasi dan evaluasi ketiga SOP ini menjadi persyaratan yang harus dipenuhi oleh KAI untuk mendapatkan izin operasi Angkutan KA Limbah dari DJKA.


Selanjutnya, KALOG dan KAI akan melaksanakan ujicoba dinamis dengan memberangkatkan rangkaian angkutan Limbah B3 dengan moda KA dengan SF 20 GD relasi Nambo – Kalimas yang masih menjadj bagian dari keseluruhan uji coba SOP angkutan limbah B3 yang harus dipenuhi oleh induk perusahaan. Dalam kedua uji coba tersebut, KAI melibatkan KALOG sebagai pelaksana pengangkutan dan bongkar/muat.

Dokumentasi kegiatan terlampir.


Sumber : KALOG CorComm / Foto : Adjeng Puteri.

[English Free Translation]
Taking place at Nambo Station, on Tuesday 30/01, a static test was conducted to verify the compliance of SOP of Loading and Unloading Emergency Response if all procedures implemented in the field.

No comments:

Post a Comment

[KU-179/2021] Dirut KAI Commuter Mukti Jauhari Tutup Usia

  Bisnis.com, JAKARTA - Keluarga besar KAI Group khususnya KAI Commuter hari ini berduka. Direktur Utama KAI Commuter Mukti Jauhari meningg...