Tuesday, January 16, 2018

[KG-016/2018] Pergantian Tampuk Di Induk, PT KAI – 16/01/18



JaKaRTa : Sepertinya rumors diluaran sana memang santer sehingga sekarang ini gak susah2 amat menerka siapa yang bakal pindah, ganti ato dipromosi dari satu perusahaan ke perusahaan lainnya.

Kejutan sih pasti ada 1-2 biji cuma selebihnya bisa ketebak. Demikian juga yang ada di induk perusahaan ular besi, PT Kereta Api Indonesia (Persero). Sebuah perusahaan pelat merah yang berada dibawah naungan Kementerian BUMN (KBUMN).

Jika terjadi pergeseran pimpinan di induk, biasanya berimbas juga ke anak perusahaan, apalagi bila pimpinan di anak perusahaan dipromosikan ke induk sehingga otomatis akan ada jabatan kosong.

Berikut ini sejumlah perubahan yang terjadi di PT KAI dan afiliasinya PT KCI setelah Edi Sukmoro lengser dan diangkat kembali menjadi Direktur Logistik & Pengembangan, selain juga diamanahkan KBUMN menjabat sebagai Plt Dirut PT KAI.

 Rujukan informasinya bisa dibaca berikut ini.

--- quote ---

KOMPAS.COM: Rombak Direksi PT KAI, Rini Juga Geser Dirut PT KCI

MN Fadhila pada Selasa (16/1) efektif sudah tidak lagi menjabat Dirut PT KCI. Berdasarkan perombakan susunan direksi KAI oleh Menteri BUMN Rini Soemarno pada Senin (15/1), Fadhila dipercaya mengemban tugas baru sebagai Direktur Pengelolaan Prasarana KAI. 

"Untuk sementara waktu berdasarkan keputusan Dewan Komisaris KCI telah menetapkan Subakir sebagai Plt Dirut PT KCI di samping tugasnya sebagai Direktur Operasi dan Pemasaran PT KCI," kata VP Corcom PT KCI Eva Chairunisa. 

Eva menjelaskan, Fadhila telah memimpin PT KCI sejak 2 Februari 2015. Selama hampir tiga tahun menjabat sebagai Dirut, Fadhila disebut banyak berkontribusi pada pengembangan modernisasi sistem ticketing dengan commuter vending machine sampai perubahan formasi rangkaian KRL secara bertahap dengan memperbanyak formasi 10 dan 12 kereta. 

Dalam hal perpindahan penumpang, PT KCI di bawah komando Fadhila juga telah membangun enam underpass, yaitu di Sta Cilebut, Bojong Gede, Citayam, Tebet, Sudimara, dan Pondok Ranji serta satu JPO di Sta Tanah Abang. 

Capaian Fadhila lainnya adalah dengan memperbanyak media informasi elektronik di tiap kereta dan stasiun. Eva mengungkapkan, rencana pengembangan layanan KRL dan target 2018 lainnya akan diteruskan oleh Subakir dalam rangka meningkatkan layanan dan mobilitas para komuter. 

"PT KCI di bawah kepemimpinan Pelaksana Tugas Dirut PT KCI, Subakir, berkomitmen tetap memberikan peningkatan pelayanan untuk transportasi KRL," tutur Eva.


INILAH.COM: Inilah Hasil Racikan Menteri Rini di PT KAI

Menteri BUMN, Rini Soemarno memberhentikan Edi Sukmoro sebagai Dirut KAI terhitung sejak 11 Januari 2018. 

"Dengan ucapan terima kasih atas segala sumbangan tenaga dan pikirannya selama memangku jabatan tersebut," jelas Ahmad Bambang, Deputi Bidang Usaha Konstruksi dan Sarana dan Prasarana Perhubungan Kementerian BUMN. 

Selain itu, melalui penyerahan Salinan Keputusan ini, Rini M Soemarno selaku Rapat Umum Pemegang Saham KAI mengukuhkan pemberhentian dengan hormat nama-nama Direksi KAI lainnya, yakni Muhammad Kuncoro sebagai Direktur dan Candra Purnama sebagai Direktur serta Budi Noviantoro sebagai Direktur. 

Rini juga mengalihkan penugasan beberapa anggota Direksi KAI yaitu Bambang Eko Martono menjadi Direktur Keselamatan dan Keamanan, Slamet Suseno Priyanto menjadi Direktur Operasi, Apriyono W. Chresnanto menjadi Direktur SDM dan Umum, Azahari menjadi Direktur Pengelola Sarana., Dody Budiawan menjadi Direktur Manajemen Aset dan Didiek Hartyanto menjadi Direktur Keuangan. Sementara Edi Sukmoro sebagai Direktur Logistik dan Pengembangan serta MN Fadhila sebagai Direktur Pengelolaan Prasarana.

Akan tetapi, Rini, menugaskan Edi Sukmoro untuk menjalankan tugas sebagai Dirut KAI.  "Selain menjalankan tugasnya sebagai Direktur Logistik dan Pengembangan KAI sampai dengan diangkatnya Direktur Utama yang definitif," jelas Ahmad Bambang.

Sumber : Kompas.com + Inilah.com.

--- unquote ---

Semoga bermanfaat.

Sumber : KALOG / Foto : PT KAI.

[English Free Translation]
The following are some changes that occurred in PT KAI and its affiliates PT KCI after Edi Sukmoro stepped down and reappointed as Director of Logistics & Development, as well as acting as President Director of PT KAI.

No comments:

Post a Comment

[KU-179/2021] Dirut KAI Commuter Mukti Jauhari Tutup Usia

  Bisnis.com, JAKARTA - Keluarga besar KAI Group khususnya KAI Commuter hari ini berduka. Direktur Utama KAI Commuter Mukti Jauhari meningg...