Saturday, January 6, 2018

[KU-006/2018] KAI Kelola Dana IMO 2018 Sebesar Rp 1,32 T



JAKARTA : Pemerintah mempercayakan anggaran perawatan dan pengoperasian prasarana perkeretaapian (IMO) tahun 2018 senilai Rp1,32 T kepada KAI. Jumlah dana IMO tersebut lebih kecil sekitar 20% dibandingkan alokasi tahun lalu yang mencapai Rp1,65 T

Penandatanganan kontrak IMO dilaksanakan oleh pejabat pembuat komitmen Satuan Kerja Peningkatan, Perawatan dan Fasilitas Perawatan Prasarana Perkeretaapian Kemenhub David Sudjito dan Direktur Pengelolaan Prasarana KAI Bambang Eko Martono di Jakarta. 

Selain itu, turut menyaksikan penandatanganan adalah Dirjenka Kemenhub Zulfikri. Zulfikri menjelaskan, anggaran IMO 2018 lebih kecil ketimbang tahun lalu karena ada efisiensi yang dilakukan oleh KAI terkait jumlah pekerja perawat prasarana. 

"Untuk perawatan ada pengurangan karena ada efisiensi di personel. Personel pekerja ya karena komponen terbesar pekerja yang merawat," kata Zulfikri. Dia menjelaskan, penandatanganan IMO ini merupakan tindak lanjut dari Keputusan Menhub tentang Penugasan kepada KAI untuk melaksanakan perawatan dan pengoperasian prasarana perkeretaapian milik negara tahun anggaran 2018 yang telah terbit pada 29 Desember 2017

Adapun kontrak IMO 2018 berlaku sejak 1 Januari-31 Desember 2018. Sementara itu, Bambang Eko Martono mengutarakan, anggaran IMO tahun lalu senilai Rp1,65 T, habis terserap seluruhnya untuk biaya perawatan dan pengoperasian prasarana. 

Bahkan, kata dia, jumlah tersebut masih di bawah kebutuhan yang sebenarnya dalam melakukan perawatan dan pengoperasian prasarana perkeretaapian. "Yang pasti dana IMO 2017 terserap semua karena kebutuhan kami lebih dari nilai IMO yang diterima. Sisanya kemarin itu memakai dana KAI," jelas Bambang.

Sumber : Investor Daily, 06.01.18 / Foto : Sumedang Media.

[English Free Translation]
The government entrusted the budget for maintenance and operation of railway infrastructure (IMO) in 2018 with worth Rp1,32 T to PT KAI. The amount of IMO funds is smaller about 20% compared to last year's allocation of Rp1.65 T.

No comments:

Post a Comment

[KU-179/2021] Dirut KAI Commuter Mukti Jauhari Tutup Usia

  Bisnis.com, JAKARTA - Keluarga besar KAI Group khususnya KAI Commuter hari ini berduka. Direktur Utama KAI Commuter Mukti Jauhari meningg...