Monday, January 15, 2018

[KG-015/2018] MTMA : Pesona Alam Ciletuh - 14/01/18



SuKaBuMi : Harusnya petualangan ke Geopark Ciletuh diunggah di hari Minggu tetapi kaplingnya sudah dialokasikan untuk AXI-KALOGers, gak bisa begitu aja menggeser ikon blog yang sudah lumayan banyak Pembacanya ini.

Bisa jadi perjalanan ini bakal jadi kenangan indah dan gak terlupakan. Niatnya survei agar KALOGers lainnya bisa berangkat dan menikmati bagusnya pemandangan dan panorama alamnya. Masih perawan alamnya, belum banyak turis lokal maupun mancanegara tetapi sangat potensil untuk dikembangkan.

Idealnya perjalanan dari Sukabumi ke Ciletuh sekitar 2 jam namun Sabtu tgl 13/01 KALOGers harus menempuh jarak tersebut hampir 6,5 jam dan bermalam minggu diatas kendaraan, menyusur kegelapan malam atas panduan sekretaris Mbah Google menembus hutan belantara. Untuk kali ini kami percaya Mbah Google bukanlah yang serba tahu, malah sotoy alias sok tahu.

Bayangkan, tiba di sekitar lokasi jam 00.30 dan mencari penginapan di kegelapan malam akibat lampu padam, diserta hujan dan angin sekitar pantai. Klop sudah warna-warni perjalanan lewat hutan belantara Ciseeng dan Ciemas dengan variasi cerita dramatis tumbangnya sejumlah pohon ditengah hutan. Yang ada, perasaan waspada tingkat dewa dan berprasangka jelek aja.

Gimana klo ini akal2an penjahat ato begal? Wajarlah karena area yang dilewati adalah area perkebunan milik sebuah perusahaan anonim dan bukan jalan umum yang rame dilewati kendaraan umum. Sepi. Dingin. Gelap. Tegang. Dramatis. Hingga akhirnya ketemu juga jalan raya. Syukur Alhamdulillah.

Komitmen malam itu, langsung tidur dan besok pagi langsung hunting sunrise di bukit Puncak Darma. Kemudian berkeliling ke area Geopark Ciletuh, mampir ke Curug Cimarinjung dan terakhir menikmati jalur baru dari Ciletuh ke Sukabumi via Loji. Syukur Alhamdulillah bisa terpenuhi  komitmen jelong2 ke Geopark Ciletuh.

Pulangnya, dengan kondisi akses jalan yang baru, hanya butuh 2 (dua) jam lebih. Masuk Sukabumi sebelum jam 12.00 bahkan sempat makan siang, shalat dan membeli oleh2 buat orang2 tercinta. Secara keseluruhan, Dolly + Devy cuma bilang: My Trip My Adventure, Ciletuh Amazing Bingitz !

Kembali ke Bogor dengan kereta Pangrango jam 15.45. Terima kasih Yaa Allah satu cerita menarik KALOGers untuk diketahui oleh generasi penerus. Juga terima kasih untuk Wks Sukabumi, Edy dan KS Lampegan, Iwa K  Bravo !

Sumber : KALOG / Foto : Devy - Dolly - RAM.

[English Free Translation]
Ideally the journey from Sukabumi to Ciletuh is about 2 hours by car but on Saturday the Jan 13rd, KALOGers must reach the distance of almost 6.5 hours and overnight on the vehicle, following the night's darkness through Google's secretarial guide through the jungle. For this time we believe Mbah Google is not the all-knowers, even sotoy alias knowingly.

No comments:

Post a Comment

[KU-179/2021] Dirut KAI Commuter Mukti Jauhari Tutup Usia

  Bisnis.com, JAKARTA - Keluarga besar KAI Group khususnya KAI Commuter hari ini berduka. Direktur Utama KAI Commuter Mukti Jauhari meningg...