Saturday, January 27, 2018

[KU-027/2018] Komisi VI Dorong Optimalisasi Kereta Barang




JAKARTA : DPR mendorong pemerintah mengoptimalkan kereta barang sebagai langkah mengurangi beban jalan raya. Selain itu, pengiriman logistik melalui kereta dijamin bisa berjalan lebih cepat. 

Anggota Komisi VI DPR Bambang Haryo Soekartono mengatakan bahwa ada upaya pemerintah menggarap secara serius pengiriman barang melalui jalur kereta api karena dirasa lebih efisien. 

Provinsi Jawa Tengah merupakan daerah potensial, sebab banyak kawasan industri yang membutuhkan pengiriman barang dengan cepat. "Jawa Tengah merupakan daerah yang sedang digarap serius oleh pemerintah dan saat ini Jateng menjadi daerah favorit untuk pengusaha. Upah rendah jika dibandingkan dengan Jawa Timur dan Jawa Barat, serta potensi yang ekonomi yang cukup menjanjikan untuk mendirikan sebuah industri membuat optimalisasi kereta barang harus segera dilakukan," ujarnya. 

Dia menuturkan sudah selayaknya penggunaan kereta barang terus dioptimalkan. Apalagi, ada wacana untuk membatasi kontainer yang melalui jalan raya dengan bobot yang diperbolehkan di bawah 40 ton

Beberapa daerah seperti Kota Solo dan Yogyakarta sudah melakukan kerja sama dengan KAI untuk pengiriman barang melalui jalur kereta dari pelabuhan Tanjung Emas Semarang.
 
Terkait hal tsb, EVP Daop 4 Wiwik Widayanti menjelaskan, beberapa jalur kereta barang sudah disiapkan seperti kawasan Ronggowarsito dan Brumbungan. Selain itu reak-tivasi rel juga bisa menambah efisiensi kereta barang yang melintas.

"Sekarang Daop 4 telah mengoperasikan 30 rangkaian kereta untuk pengiriman barang terbagi ke wilayah timur maupun barat, ada juga yang lepas sambung dari Jawa Barat menuju ke Jawa Timur, ini lebih efisien daripada hanya membawa barang dalam jumlah sedikit," katanya.

Sumber : Bisnis Indonesia, 27.01.18.

[English Free Translation]
The House of Representatives urged the government to optimize freight trains as a step to reduce road burden. In addition, shipping logistics through trains is guaranteed to operate faster and safer.

No comments:

Post a Comment

[KU-179/2021] Dirut KAI Commuter Mukti Jauhari Tutup Usia

  Bisnis.com, JAKARTA - Keluarga besar KAI Group khususnya KAI Commuter hari ini berduka. Direktur Utama KAI Commuter Mukti Jauhari meningg...