Sabtu, 25 Juli 2015

[KU-202/2015] Jadi Pusat Kerajaan Tertua, Ini Asal-usul Kata Bogor

Bisnis.com, BOGOR - Berkunjung ke Kabupaten Bogor yang pernah menjadi pusat kerajaan tertua di Indonesia ini, tak ada salahnya mengetahui sejarah kawasan ini. Lalu, dari mana asal kata "Bogor"?

Nama kabupaten yang bertambah usia setiap tanggal 3 Juni tersebut disebutkan memiliki banyak versi sumber. Dari situs resmi Pemerintah Kabupaten Bogor menuliskan, kata Bogor berasal dari kata Buitenzorg yang merupakam nama resmi dari Penjajah Belanda.

Menurut pendapat lainnya, kata Bogor disebutkan berasal dari kata Bahai yang berarti sapi, yang kebetulan ada patung sapi di Kebun Raya Bogor.

Sementara itu, pendapat ketiga menyebutkan Bogor berasal dari kata Bokor yang berarti tunggul pohon enau atau kawung.

Di versi lainnya nama Bogor disebutkan telah tampil dalam sebuah dokumen tanggal 7 April 1952 Hoofd Van de Negorij Bogor yang berarti Kepala Kampung Bogor. Diterakan juga bahwa Kampung Bogor itu terletak di dalam lokasi Kebun Raya Bogor yang mulai dibangun pada 1817.

Adapun, asal mula adanya masyarakat Kabupaten Bogor yakni adanya penggabungan sembilan kelompok pemukiman oleh Gubernur Jendral Baron Van Inhof pada 1745. Penggabungan ini kemudian menjadikan kesatuan masyarakat yang berkembang menjadi besar di waktu kemudian. Kesatuan masyarakat itulah yang menjadi inti masyarakat Kabupaten Bogor.

Sementara itu, ulang tahun Kabupaten Bogor ditetapkan berdasarkan tanggal pelantikan Raja Pajajaran yang terkenal yaitu Sri Baduga Maharaja yang dilaksanakan pada tanggal 3 Juni 1482. Pelantikan yang berlangsung selama sembilan hari itu dikenal dengan sebutan upacara Kedabhakti.

Sumber : Bisnis Indonesia, 17.07.15.

[English Free Translation]
Every June 3, Bogor to celebrate his anniversary. Did you know, where is Bogor come from? Read more above.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar