Rabu, 08 Juli 2015

[KG-186/2015] Kunjungan Ke Pabrik Semen SCG

SuKaBuMi: Rabu 08/07 pagi, kami melaksanakan kunjungan ke pabrik semen milik "Siam Cement Group" (SCG) di wilayah Sukabumi, arah ke Pelabuhan Ratu. Hmm … area pabrik yang strategis dan didisain agar ramah lingkungan alias "go green". Bol-jug nih.

Pabrik ini mulai dibangun tahun 2014 lalu dan diharapkan tuntas setelah Lebaran ini. Kabarnya sekarang ini tengah memasuki tahap finishing (penyelesaian). Syukulah. Ya kabarnya, bakal banyak warga sekitar lokasi yang akan menjadi tulang punggung SDM-nya.

Keperluan PT Kereta Api Logistik (KALOG) sejauh ini, menjajaki angkutan semen lewat moda kereta api (KA), serupa dengan kiriman semen merek lain karena pola operasinya nyaris sama, hanya tujuannya sedikit berbeda. Maklum, strategi persaingan ada di tangan produsen.

Seperti sudah diamahkan sebelumnya, guna mengurangi beban jalan raya maka KA akan tampil sebagai penyeimbang. Jujur saja, gak mungkin semua distribusi angkutan semen dipindah ke KA karena memiliki keterbatasan slot-time yang harus disesuaikan juga dengan rute commuter line (CL), khususnya di sekitaran Jabodetabek.

Saat ini saja, sejumlah pabrikan sudah mengajukan untuk mencoba angkutan menggunakan moda KA namun terkendala terbatasnya waktu masuk dan keluar dari area Bogor karena Kota Hujan merupakan muara KA penumpang yang sangat padat.

Berikut ini dokumentasi hasil kunjungan ke Sukabumi hari ini. Rujukan sebelumnya, silahkan baca : [KG-185/2015] Kunjungan Ke Gudang Semen – 03/07/15.

Silahkan dilihat-lihat dan sepertinya sangat prospektif. Kita lihat saja. Go Get ‘Em.


Sumber : Langsung alias Live / Foto : RAM.

[English Free Translation]
Wednesday, July 8th a.m, we make a courtesy call to the new cement factory belongs to "Siam Cement Group" (SCG) in Sukabumi, West Java.  The factory area is strategically designed to be environmentally-approach or everybody called it “go green”. It’s great !

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar