Sabtu, 07 Juni 2014

[KU-155/2014] Itjen Kemenhub Selidiki Kasus Suap


JAKARTA: Tim dari Inspektorat Jenderal Kemenhub diturunkan untuk menyelidiki dugaan suap yang melibatkan pejabat di kementerian itu. Meski demikian, pemerintah diminta proaktif mencari informasi mengenai kasus proyek rel ganda jalur selatan KA tersebut.

Awal pekan ini, kabar dugaan pemberian suap oleh Japan Transportation Consultants (JTC) Inc dimuat di beberapa media Jepang. Dalam berita itu disebutkan, seorang pejabat Indonesia menerima suap senilai Rp 3,4 miliar dalam proyek KA pada 2009-2012.

Wamenhub Bambang Susantono memastikan dugaan kasus suap terdapat dalam proyek pembangunan rel ganda di jalur selatan karena jalur ini JTC berperan sebagai konsultan. Di jalur itu pula ada utang dari pemerintah Jepang.

Ia memastikan di jalur utara semua biaya dari APBN & menggunakan konsultan dalam negeri. Selain dugaan suap saat perencanaan proyek, dugaan permintaan uang juga muncul dalam rencana pembangunan jalur ganda pada ruas Kroya-Kutoarjo.

Permintaan ini diajukan ke sebuah BUMN yang menangani proyek ini. Sementara itu Dubes Jepang untuk Indonesia Yoshinori Katori menyatakan hingga saat ini belum ada keputusan apapun untuk menunda ataupun menghentikan bantuan pembangunan resmi (ODA) kepada Indonesia terkait kasus dugaan suap dari perusahaan Jepang kepada pejabat Indonesia. jepang masih menunggu tindak lanjut pemerintah Indonesia.

Wakil Ketua KPK Busyro Muqoddas mengatakan, Kemenlu RI seharusnya segera mencari tahu siapa saja pejabat Indonesia yang diduga disuap JTC. Apalagi kasus ini sudah mulai terkuak di Jepang.

Sumber : Kompas, 05.06.14 / Ilustrasi : The Yomiuri Shimbun.

Catatan,
Rujukan sebelumnya, silahkan baca  [KU-141/2014] Perusahaan Jepang Sogok Pejabat Indonesia Rp 8,1 Miliar Untuk Proyek Jalur Kereta Api, edisi hari Sabtu, 24 Mei 2014.

[English Free Translation]
The team from the Inspectorate General of the Ministry of Transportation assigned to investigate allegations of bribery involving officials in the ministry. However, the government requested proactively seek information on cases double track rail project in the southern. Go get ém !

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar