Selasa, 17 Juni 2014

[KA-165/2014] Napak Tilas 150 Tahun Pembangunan Jalur KA Pertama Di Indonesia


SeMaRaNG: Hari ini, Selasa 17/06/14 PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daop 4 Semarang, dengan unit EAB, menyelenggarakan Napak Tilas Peringatan 150 Tahun Pembangunan Jalur Kereta Api (KA) Pertama di Indonesia, tepatnya lintas Semarang – Tanggung.

Dalam acara ini, diisi dengan berbagai kegiatan diantaranya pemasangan papan sejarah (wall story) di Stasiun Tanggung, pemberian satunan kepada anak yatim piatu, pengumuman pemenang lomba fotografi dan pagelaran budaya di Stasiun Kedungjati.

Maksud dan tujuan diadakannya acara ini, agar masyarakat Indonesia semakin paham dan mengerti makna sejarah perkeretaapian Indonesia di masa lalu dan kedepannya diharapkan mampu mendukung peran perkeretaapian nasional di Tanah Air tercinta.

Simak liputannya dibawah ini dan juga cuplikan artikel seminggu sebelumnya dari sebuah media cetak untuk referensi tambahan. EVP Daop 4 berfoto bersama (pake seragam djadoel he he he).


Sumber : Humaska.

--- quote ---

(artikel) KAI Semarang Napak Tilas 150 Tahun KA Pertama Indonesia

Pamuji Tri Nastiti   -   Kamis, 05 Juni 2014, 17:36 WIB

Bisnis.com, SEMARANG - PT Kereta Api Indonesia Daerah Operasional 4 Semarang napak tilas 150 tahun beroperasinya KA pertama di Indonesia, 17 Juni 1864 - 17 Juni 2014.

Suprapto, Humas KAI Daop 4 Semarang menyampaikan agenda itu akan diisi dengan perjalanan KA Djoko Kendil rute Semarang Tawang - Tanggung - Kedungjati.

"Kereta api pertama di indonesia beroperasi dengan rute Samarang - Tanggung. Napak tilas akan dilaksanakan sesuai tanggal pertama kali beroperasi," ujarnya, Kamis (5/6/2014).

Sejarah KA di Indonesia dimulai dengan pembangunan jalan rel yang diawali dengan penyangkulan pertama pembangunan badan rel oleh Gubenur Jenderal Hindia Belanda, LAJ Baron Sloet Van De Beele pada 17 juni 1864.

"Dari Semarang - Tanggung sepanjang 26 kilometer, diresmikan 10 Agustus 1867. Lebar spoor yang digunakan 1435 mm," ujarnya.

Jalan rel pertama itu dibangun perusahaan swasta NIS (Nederlandsch Indische Spoorweg Maatsschappij). Pada ruas rel Tanggung selanjutnya akan dipasang prasasti sejarah pembangunan rel pertama yang dilaksanakan saat napak tilas.

Selain napak tilas rute KA pertama, kegiatan akan diisi dengan membersihkan lokomotif dan lomba foto.

[English Free Translation]
PT Kereta Api Indonesia (PT KAI) Operational Area (Daop) 4 Semarang, organized trail first 150 years of railway operations in Indonesia, June 17, 1864 - June 17, 2014. Suprapto, PR PT KAI Daop 4 deliver the agenda, there will be filled with the train trip Djoko Kendil from Semarang Tawang - Tanggung – Kedungjati.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar