Minggu, 15 Juni 2014

[KG-163/2014] Persiapan & Peresmian KA Angkutan Aqua CCR-JAKG p.p

CiCuRuG: Sejak Sabtu 14/06 pagi, staf PT Kereta Api Logistik (KALOG) sudah bersiap-siap menyecek dan memuat jug-rack kosong milik Aqua dari terminal barang Jakarta Gudang (JAKG), tujuannya : stasiun Cicurug (CCR), Sukabumi.

Guna menyongsong era baru angkutan barang massal via kereta api (KA) diperlukan langkah strategis dan ekstrim untuk mewujudkan mimpi lama, dimana penantian ini memerlukan waktu hampir 6 (enam) tahun.

KS JAKG memberangkatkan KA dengan SF 8 GD (gerbong datar) galon kosong Minggu 15/06 jam 03.25 dari sta. JAKG dan kembalinya, memuat  galon isi di Cicurug, KA perdana Aqua ini secara operasional diresmikan bersama oleh D1 PT KAI, KS CCR, Dirut PT KALOG serta direksi PT TIV / Tirta Investama selaku produsen Aqua, sekitar jam 20.00 dari sta. CCR di hari yang sama.

Sebelum peresmian, diadakan doa bersama dan syukuran dengan anak yatim piatu dari pondok pesantren setempat. Juga diberikan shadaqoh, yang diberika langsung oleh Budi Noviantoro selaku Direktur Utama (Dirut) PT Kereta Api Logistik (KALOG).

Syukur alhamdulillah semua acara berjalan lancar. Selamat dan sukses !. Sekali lagi, tujuan membantu pemerintah untuk mengurangi beban jalan raya mulai dilaksanakan. Dalam kondisi normal, 1 truk engkel/tronton bisa memuat 16 jug-rack, Wingbox 20 jug-rack atau 1 trailer 32 jug-rack. Bisa dihitung dong ?

Setidaknya, 1x angkutan KA Aqua dengan muatan 224 jug-rack bisa mengurangi kepadatan sepadan 14 truk engkel/tronton ato 11,2 wingbox ato 7 trailer di jalan raya. Sehari berapa ratus truk beroperasi dan dalam sebulan ? Itu gambaran sederhananya ‘loh.

Coba bayangkan kondisi jalan raya antara Bogor - Sukabumi bila bisa dikurangi 10 persennya saja, Inshaa Allah lebih lancar, kemacetan berkurang dan pemeliharaan jalan bisa lebih panjang lagi umurnya. Kurang lebih begitu gambarannya.


Lanjutkan, jangan sampai berhenti. Awalnya memang berat tetapi bila sudah terbiasa, mak nyuuuus. Congrats ya.

Ada yang mau menambahkan analisis diatas ? Silahkan, untuk sharing. Terima kasih sebelumnya.

Sumber :  KALOG / Foto : Benny RC, PsH, Noviandri, Humaska

[English Free Translation]
Since Saturday 14/06 morning, the staff of PT Kereta Api Logistik (KALOG) are getting ready to check and load the empty jug-racks at cargo terminal  Jakarta Gudang (JAKG), destination: Cicurug station (CCR), Sukabumi. Inauguration was done on 15th of June.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar