Jumat, 11 April 2014

[KG-099/2014] Joint Survey Ke Merak - 11/04/14

JaKaRTa: Hari Jumat 11/04 tim KALOG, GPI Group dan PT KAI Kantor Pusat maupun Daop 1 melaksanakan survei bareng ke Merak, dengan target kunjungan ke Terminal Tonjong Baru, Stasiun Merak dan Pelabuhan Merak Mas, Banten.

TERMINAL TONJONG BARU : Melihat fasilitas CY yang pernah digunakan sebagai fasilitas bongkar muat namun akhirnya mangkrak hingga sekarang. Sedang diupayakan untuk menghidupkan kembali angkutan barang dari dan ke wilayah Merak dengan menggunakan moda kereta api (KA).

Tim KALOG, KAI dan GPI Group membicarakan secara inten perihal detil penggunaan lahan yang akan dipakai serta rencana perbaikan karena jalur rel KA sudah ditumbuhi alang-alang dan perlunya memperbaiki bantalan rel serta menambah ballast.



STASIUN MERAK : Kurang lebih 1 (satu) jam tim Pokja membahas berbagai kemungkinan tersebut dan akhirnya meneruslan perjalanan ke Stasiun Merak jam 10.00 dan tiba di lokasi jam 10.30. Survei dilakukan hingga menjelang Shalat Jum’at.

Secara fisik, melihat kondisi jaringan rel KA dan fasilitas pendukung, termasuk akses keluar truk / trailer, bila kontainer akan dilanjutkan ke terminal Merak Mas. Kepadatan lalu lintas penyeberangan akan menjadi kendala utama.






PELABUHAN MERAK MAS : Survei  lapangan menujukkan, potensi yang dimiliki Pelabuhan Merak Mas, Banten masih besar. Bayangin aja, kapasitas terpasang yang belum terpakai hampir 80 persen, jadi ya prospektif banget.  

Sengaja detilnya gak dicantumin disini karena itu kebutuhan internal. Yang pasti secara gambar, bisa dilihat kondisi-kondisi yang memungkinkan dengan yang belum memungkinkan. Failitas Gantry Crane, Reach Stacker, kapal sandar, aktifitas dll, so far ok.

Tinggal mencarikan celah, harus diapakan trailer dari Stasiun Merak ke Pelabuhan Merak mas. Jarak sangat dekat, kurang dari 1 km saja. Tetapi lalu lalang kendaraan kecil dan besar, lumayan banyak sehingga harus putar otak dan cari strategi yang jitu.



Akan segera dievaluasi dan hasilnya menyusul.

Sumber : KALOG / Foto : RAM.

[English Free Translation]
Friday 11/04, a BIG team consisting of KALOG, GPI Group and PT KAI Head Office and Daop 1 to carry out the survey to Merak, the target premises : visit Tonjong Baru Terminal, Merak Railway Station and Port of Merak Mas, Banten.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar