Thursday, August 10, 2017

[KA-xxx/2017] Pengaktifan Jalur Trans Sumatera Bukan Wacana

PADANG : Kemenhub RI menargetkan tahun 2030  kereta Trans Sumatera sudah rampung. Dirlantas dan Angkutan KA Ditjenka Kemenhub Zulmafendi mengatakan jaringan KA Trans Sumatera akan menempuh jarak sekitar 2.856 km. Terdiri dari KA antarkota, KA perkotaan, KA bandara, dan KA pelabuhan.

Untuk kebutuhan sarana tahun 2030 direncanakan lok penumpang sekitar 145 unit, lok barang 760 unit, kereta 1435 unit dan gerbong 15.170 unit. Ia juga mengatakan Sumbar tidak butuh waktu lama untuk menghidupkan kembali jalur KA.

"Di Sumbar jalur sudah ada. Hanya perlu pembebasan jalur KA dari bangunan yang ada diatas rel," ujarnya. Sementara, Kepala BTP II Wilayah Sumatera Bagian Barat Bernadette Endah Sari Mayashanti menjelaskan tahun 2017 dilakukan reaktivasi jalur Padangpanjang-Bukittinggi-Limapuluh Kota.

"Sosialisasi pola aksi untuk penertiban rel yang sudah beralih fungsi, eksekusi penertiban, kemudian penyusunan dokumen dampak lingkungan dan DED. Dengan rangkaian program ini, kita targetkan konstruksi baru dapat dilakukan," ujarnya.

Hal yang sama juga dikatakan oleh Kadishub Sumbar Amran menyebut Pemprov Sumbar mendukung penuh jalur KA untuk dihidupkan kembali. Bahkan Gubernur sangat mendukung terbentuknya tim percepatan pembangunan perkeretaapian di Sumbar yang terdiri kepala daerah yang dilewati jalur KA.

"Tidak hanya membentuk tim percepatan, Gubernur telah memberikan beberapa memberikan arahan setiap rakor kepada kepala derah untuk ikut membantu penyelesaian persoalan di daerahnya terkait jalur KA yang sudah beralih fungsi," kata Amran.

Sumber : Koran Padang, 10.08.17 / Ilustrasi : nomadicnotes.

[English Free Translation]
Ministry of Transportation (MoT) RI targets the year 2030 Trans Sumatera train has been completed. Directorate of Traffic and Transportation of KA Ditjenka Kemenhub Zulmafendi said the Trans Sumatera railway network will cover a distance of about 2856 km. It consists of inter-city railway, urban railway, airport train, and port rail.

No comments:

Post a Comment

[KU-179/2021] Dirut KAI Commuter Mukti Jauhari Tutup Usia

  Bisnis.com, JAKARTA - Keluarga besar KAI Group khususnya KAI Commuter hari ini berduka. Direktur Utama KAI Commuter Mukti Jauhari meningg...