Sabtu, 19 November 2016

[KU-317/2016] Boyongan Loko Uap Paling Cepat Tiga Hari

SOLO : Lokomotif uap kuno berbahan bakar kayu yang berada di TMII Jakarta, diboyong ke Solo lewat jalur darat dengan menggunakan truk pengangkut khusus. Perjalanan tempuh membawa lokomotif seri D 52099 bikinan Krupp Essen Jerman pada 1954 silam itu memakan waktu paling cepat 3 hari, karena truk pengangkut loko tidak bisa berjalan cepat, rata-rata kecepatannya 40 km/jam dan harus sering berhenti, ucap Kepala Seksi Angkutan Orang Dishubkominfo Solo Taufiq Muhammad.

Pengiriman lokomotif kuno dari TMII  ke solo merupakan bentuk dukungan Ditjenka untuk memajukan wisata kereta di kota Bengawan, Solo. Bantuan lokomotif uap yang sebelumnya dipajang di TMII ini bertujuan untuk membantu operasional Sepur Kluthuk Jaladara.

Manajer Humas DAOP 6 Eko Budiyanto menyampaikan lokomotif kuno dari TMII akan langsung direstorasi setibanya di Depo Purwosari Solo. Loko ini sudah cukup lama tidak digunakan dan hanya dipajang di TMII.

Kami akan kirim mekanik ke Solo untuk membenahi dan memeriksa bagian loko seperti ketel, roda, dan sebagainya, tambahnya. Loko pembelian Presiden Soekarno ini sampai sekarang belum diberi nama. kemungkinan menyusul setelah siap digunakan, kata dia.

Sumber : SoloPos, 15.11.16

[English Free Translation]

Fashioned steam locomotive burning wood that is in TMII Jakarta, brought to Solo by using special trucks. The trip of 52 099 D-series locomotive (Krupp Essen, made in Germany in 1954) it took at least 3 days, because trucks could take the unit carefully, the average speed of 40 km / hour and must often stop. But finally the unit has come.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar