Jumat, 18 November 2016

[KG-316/2016] Rapat Koordinasi Angkutan KA Sei Mangkei – 18/11/16

JaKaRTa : Jumat 18/11 dilaksanakan rapat koordinasi yang melibatkan sejumlah instansi terkait, semisal Kementerian Perhubungan – Dirjen Perkeretaapian, Kementerian Perindustrian, PTPN III Medan, PT Kereta Api Indonesia (Persero) dan PT KALOG.

Inti dari pembahasan kali ini menyangkut pembahasan historis tentang pembangunan fasilitas jalur rel kereta api (KA) hingga kepada rencana pemanfaatan untuk pengiriman barang, sebagai produk ekspor impor dari KEK Sei Mangkei, Medan, Sumatera Utara.

Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Sei Mangkei ditetapkan melalui Peraturan Pemerintah No. 29 Tahun 2012 pada tanggal 27 Februari 2012 dan merupakan KEK pertama di Indonesia yang diresmikan operasionalnya oleh Presiden Joko Widodo pada 27 Januari 2015.

KEK Sei Mangkei memiliki bisnis utama berupa industri kelapa sawit dan karet. Di samping itu, terdapat beberapa bisnis pendukung, seperti logistik, energi, elektronika, industri penunjang produksi, aneka industri, dan pariwisata. Produk-produk utama yang akan dihasilkan di antaranya adalah fatty acid, fatty alcohol, surfactant, biodiesel, dan biogas.

Dari bahasan2 yang disampaikan, akan diadakan percepatan terhadap pengurusan status dan pemanfaatan lahan, sehingga bila mengikuti jadual yang telah disusun belum lama ini, akhir tahun 2016 sudah bisa diujicoba.

--- quote ---

VP Divre I SU Periksa Kesiapan Uji Coba Proyek KA Sei Mangkei – 16/11/16

MEDAN : Dalam rangka uji coba operasional KA angkutan barang dari Sei Mangkei ke Pelabuhan Belawan, Medan, yang rencananya akan dilaksanakan pada tanggal 1 Desember 2016 mendatang, Rabu tgl 16/11 VP Divre I SU beserta jajaran dan Tim SHE memeriksa kesiapan prasarana, sarana serta SDM yang ada di Stasiun Sei Mangkei.


Dalam tinjauannya VP Divre I SU berdialog dengan Manager Kawasan Industri Sei Mangkei Deni Mulyawan. VP Divre I SU yakin uji coba ini akan lancar serta berpeluang untuk meningkatkan pendapatan di sektor angkutan barang.

Setelah melakukan pengecekan di Sei Mangkei, rombongan melanjutkan perjalanan menuju Stasiun Perlanaan memeriksa gedung Griya Karya dan akhirnya kembali ke Medan.

Sumber : Humasda Divre 1 SU.

--- unquote ---

Bagaimana perkembangan informasi dari instansi terkait, akan kami monitor agar rencana uji-coba yang dijadualkan akan berlangsung awal Desember 2016 bisa maujud. Ayooo kita upayakan. Gak ada yang gak mungkin.

Sumber : KALOG – DN KEK / Foto : RAM.

[English Free Translation]
Friday, November 18th it was held a coordination meeting involving a number of agencies, such as the Ministry of Transportation - Director General of Railways, Ministry of Industry, PTPN III Medan, PT Kereta Api Indonesia (Persero) and PT KALOG. Read above for more details.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar