Sabtu, 09 April 2016

[KG-098/2016] KA Pelabuhan Go Live !

JaKaRTa: Judulnya sereeem tapi klo bisa berlanjut dan pemerintah mendukung abiiiiiz, gak ada yang gak mungkin. Biaya logistik bisa lebih efisien. Bila pun secara nominal sama, tetapi waktu tempuh akan menjadi faktor yang dominan, dalam rangka menembus problematika kemacetan belantara ibukota.

Momok berat itulah yang hendak diurai melalui keterlibatan moda kereta api (KA) di industri transportasi nasional. Gak heran pemerintah begitu menggebu2 untuk bisa mewujudkan proyek infrastruktur harus jadi. Cina dulu memulai dengan pembangunan infrastruktur gede2an dan hasilnya menyusul kemudian.

Selain pengembangan jaringan infrastruktur di darat, laut maupun udara, pemerintah sangat menyokong penggunaan KA sebagai moda alternatif, yang diyakini bebas macet dan bisa menjamin ketibaan barang secara lebih pas.

Terkait dengan moda KA, beberapa waktu lalu uji coba berupa simulasi angkutan KA sudah ok, sekarang uji pemberangkatan KA secara nyata (bukan simulasi lagi) dan akan berlangsung selama 5 (lima) hari, mulai tgl 7-12/04/2016 mendatang. Klo dirasa masih ada kendala, pastinya kudu segera dibicarain supaya gak jadi beban bagi salah satu institusi yang terkait dengan program ini.

Nah, ayoooo kita kawal program pemerintah ini supaya KA bisa menjadi salah satu kontributor turunnya dwelling time ato berharap, dalam jangka pendek menjadi opsi angkutan di darat, selain truk / trailer. Siiiip.

Berita terkait pemberitaan diatas, kami lampirkan artikel dari media cetak "Bisnis Indonesia". Selamat menyimak.

--- quote ---

(artikel) KAI Logistik Lakukan Uji Coba Pemberangkatan KA Pelabuhan

JAKARTA: PT KA Logisitik lakukan uji coba pemberangkatan kereta api relasi stasiun Jakarta International Container Terminal (JICT) – Cikarang Dry Port guna mengevaluasi kelancaran operasionalnya.

VP Container KA Logistik (KALOG) RAM menuturkan, uji coba pemberangkatan kereta api dengan SF 30 gerbong datar atau setara 60 twenty–foot equivalent units (TEUs) tersebut akan dilakukan secara berkelanjutan hingga 12 April 2016.

“Sebelum diresmikan dalam waktu dekat,” kata RAM. Dia menambahkan, dalam uji coba pemberangkatannya, kereta api tersebut mengangkut 34 TEUs kontainer impor dari pelabuhan Tanjung Priok yang terdiri dari 16 box kontainer 20 kaki (feet) dan 9 box kontainer dengan ukuran 40 kaki.

Terkait dengan KA Pelabuhan tersebut General Manager of Marketing & Communication PT Kawan Lama Sejahtera – Induk PT Ace Hardware Indonesia Tbk., Teresa Wibowo menuturkan akan banyak membantu perusahaan mengingat distribusi perusahaan berada di kawasan Jababeka. “Yang hanya berjarak kurang dari 10 km”, katanya.

Dia menambahkan, kereta tersebut akan meningkatkan efisiensi dan produktivitas karena dapat membuat pengiriman lebih cepat mengingat saat ini pengiriman menggunakan jasa moda transportasi truk minimal bisa menghabiskan waktu setengah hari.

Sumber : Bisnis Indonesia, 09.04.16.

Selengkapnya :
http://m.bisnis.com/industri/read/20160409/98/536274/kai-logistik-lakukan-uji-coba-pemberangkatan-ka-pelabuhan.

--- unquote ---

Terima kasih atas atensinya dan update terus perkembangan perkeretaapian Pembaca, disini, di blog ini.

[English Free Translation]
For READERS only, the test train departure from JICT to CDP took effect per April 7th until further notice. Plans inauguration by the President is still waiting for further confirmation. Stay tune here.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar