Kamis, 07 April 2016

[KG-096/2016] Uji Pemberangkatan KA Pelabuhan - 07/04/16


JaKaRTa: Bertempat di emplasemen stasiun Jakarta International Container Terminal (JICT), hari ini (07/04) telah dilaksanakan pemberangkatan angkutan KA Kontainer relasi JICT – CDP dengan stamformasi (SF) 30 GD ato setara dengan 60 TEUs.

Uji coba pemberangkatan kali ini mengangkut 34 TEUs kontainer impor dari pelabuhan Tanjung Priok tujuan Cikarang Dry Port tCDP), yang terdiri dari 16 box kontainer 20 feet & 9 box kontainer 40 feet serta disaksikan oleh perwakilan Kemenko Kemaritiman, PT KAI, PT KALOG, PT KAPM serta KPU Bea Cukai (BC) Tanjung Priok.

Pada kegiatan tersebut, semua pihak berkesempatan meninjau kegiatan mulai dari pemuatan / loading kontainer ke atas GD hingga pemberangkatan rangkaian di Stasiun JICT. Uji coba pemberangkatan ini akan dilaksanakan secara berkelanjutan hingga 12/04 dan akan dievaluasi untuk kekurangan yang ada selama berlangsung program pemanasan.

Rencana program kereta pelabuhan ini diresmikan oleh RI-1 dalam waktu dekat, maka perlu diskenariokan bahwa kereta api (KA) tak hanya menjadi moda angkutan pilihan, tetapi ditargetkan juga bisa menurunkan dwelling time di Tanjung Priok, yang awalnya sekitar 7 harian kini sudah mencapai 3,2-3,4 hari dan menurut pelaku usaha, itu sudah bagus.

Namun bukan RI-1 klo gak ada kontroversi. Dicanangkan, klo ada KA dwelling time harus bisa dibawah 3 hari. Sanggupkah ? Semoga.

Dokumentasi kegiatan terlampir.


Sumber : CorComm PT KALOG / Foto : Adjeng Puteri.

[English Free Translation]
Thursday, April 7th, in the emplacement Jakarta International Container Terminal (JICT) station, been implemented a container freight train departure from JICT to CDP with stamformation (SF) 30 GD, equivalent to 60 TEUs. It’s maiden voyage in freight train biz, congrats !

1 komentar: