Sabtu, 10 Oktober 2015

[KG-278/2015] Soft Launching Shiploader in KPT - 10/10/15

PaLeMBaNG: Inilah saat-saat yang paling ditunggu oleh KALOGers sejati. Paling tidak, dunia logistik di luar sono, sedikit ngelirik 'lah apa yang dikerjain oleh PT Kereta Api Logistik (KALOG) dengan spesialisasi menangani account batubara di wilayah Sumatera Selatan (Sumsel).

Selama ini, KALOG sudah menangani kegiatan muat bongkar batu bara perusahaan swasta di Sumsel sejak 2011, tepatnya tgl 08/01/2011. Itulah tonggak awal KALOG berkiprah menangani bisnis muat bongkar batu bara, yang lazim disebut LO/LO batu bara. Dan PT Bara Alam Utama (BAU) adalah Pelanggan pertama yang mengikat perjanjian dengan PT KALOG.

Kedepannya, dengan mengusung konsep "go green" perlahan-lahan metode yang dilakukan secara manual akan beralih ke mesin, yang dikendalikan oleh tenaga profesional, seiring dengan antisipasi peningkatan volume dari tahun ke tahun. Apalagi prediksi harga batu bara di pasaran internasional sudah naik ke level USD 51/ton.

Pada hari Sabtu tgl 10/10 (bukan dipas-pasin nih waktunya, tapi kebetulan pas), direksi dan komisaris utama (komut) PT KALOG menghadiri soft launching Shiploader, yakni alat muat batubara, langsung ke atas tongkang, namun diluaran sana mereka menyebutnya Barge Loading Conveyor (BLC). Monggo dipilih, mana yang lebih klop.

Bertempat di area stockpile batu bara PT Bara Alam Utama (BAU) di Kertapati, Sabtu pagi kegiatan peresmian tsb ditandai dengan serangkaian acara seremonial terlebih dahulu, diantaranya pengguntingan pita oleh Direktur Utama (Dirut) dan Komisaris Utama (Komut) KALOG, pemecahan kendi oleh Dirut dan Direktur Operasi dan Pemasaran KALOG (Diropsar) serta penekanan tombol pengoperasian perdana oleh Dirut didampingi Komut dan Direksi KALOG.

Selain acara seremonial diatas, juga ada kegiatan penyerahan bantuan kepada Masjid Muara Ogan di area Kertapati serta doa bersama. Pada kesempatan tersebut turut hadir Direktur Logistik dan Pengembangan PT KAI selaku komisaris KALOG.

Hadir dalam acara soft launching tersebut: Komut, Direksi dan jajaran PT KALOG, EVP Divre 3 SS, VP Subdivre 3.1 PT KAI beserta jajaran, pengurus Masjid Muara Ogan dan tokoh masyarakat sekitar. Suasana peresmian diatas, berlangsung mancarli. Syukur alhamdulillah.

Untuk diketahui bersama. Shiploader ini memiliki kapasitas muat hingga 1.500 ton/jam dan merupakan salah satu investasi alat berat KALOG terpenting, sebagai upaya modernisasi fasilitas muat batu bara guna mendukung peningkatan volume dan kapasitas di Sumatera Selatan di tahun-tahun mendatang.

Dengan beroperasinya BLC ini, maka proses muat (loading) batu bara ke tongkang akan menjadi lebih efisien, dengan waktu muat sekitar 5-6 jam saja, semula membutuhkan waktu hingga 30 jam. Di sisi lain, Pelanggan akan diuntungkan dengan peningkatan jumlah tongkang hingga tiga kali lipat dari sebelumnya.

Selain pengadaan 1 (satu) unit Shiploader, KALOG juga telah memasang dan mengoperasikan 2 (dua) unit Gantry Crane di Kertapati supaya lebih jozz. Bagaimana perkembangan kedepannya, kita akan kabari terus dan baca aja disini. Stay Tune Readers.

Dokumentasi acara soft launching Shiploader KPT, jingok bae deretan foto-foto berikut ini.


Rujukan perkembangan dan pembangunan stasiun angkutan batu bara Kertapati, silahkan simak info sebelumnya di : [KG-277/2015] Fokus Investasi PT KALOG di Sumatera Selatan, [KG-275/2015] Potensi Besar Distribusi Si "Emas Hitam", dan [KG-274/2015] Update Terkini Kretek, Klari & Kertapati – 05/10/15.

Simak juga : [KU-232/2015] Potensi Untung Besar, PT KALOG Ekspansi Bisnis Batubara di Sumsel, [KG-219/2015] Progress Report 1 KPT – 10/08/15, [KG-204/2015] Kertapati : SWL Gantry Crane 30 Ton, [KG-187/2015] Dirut PT KALOG Blusukan Ke KPT + Perubahan Direksi PT KAI.

Info sebelumnya, silahkan baca juga [KG-183/2015] Pemasangan GC II Di KPT & Ujicoba, [KG-180/2015] Kunjungan Kerja GU + GF Ke Sumsel, [KG-177/2015] Rapat Pola Operasi KA Batubara & Kunjungan Komut Serta Dirut Ke Sumsel, [KG-171/2015] Pembangunan Gede-gedean Di Sumsel, [KG-167/2015] Gawean Tim Infrastruktur Di KALOG dan [KG-150/2015] Instalasi Gantry Crane Di KPT.

Sumber : CorComm PT KALOG / Foto : Moh. Edward - Adjeng Putri.

[English Free Translation]
Located in PT BAU’s coal stockpile area in Kertapati, Saturday (October 10th) morning it was held a Shiploader soft launching and preceded by a series of ceremonial events in advance, including the ribbon-cutting by the CEO and Chairman KALOG, solving a pitcher by the Director of Operations and Marketing KALOG (Diropsar) as well as the operation of key presses by the Managing Director and the Board of Directors KALOG. Congrats !

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar