Selasa, 24 Maret 2015

[KG-083/2015] Progress Report KA Pelabuhan



SuRaBaYa: Suara diluaran sana, mulai riuh rendah. Namun PT Kereta Api Logistik (KALOG) dan PT Terminal Petikemas Surabaya (TPS) sudah merajut tali kasih sehingga berniat memuluskan kerangka kerjasama yang sudah disiapkan untuk mewujudkan pengoperasian kereta api (KA) pelabuhan dalam waktu dekat.

Yang dimaksud KA Pelabuhan yaitu membawa kontainer reefer langsung dari pelabuhan TPS, dengan menggunakan moda KA dan rangkaian siap di sisi lokasi dekat kantor Karantina. Usai pemeriksaan karantina dan mendapat persetujuan Bea Cukai (BC), kontainer reefer bias dimuat dan siap berangkat.

Artinya, bagi Customer akan ada penghematan waktu & biaya. Bila selama ini dari CY dibawa ke kantor karantina (di dalam maupun luar), usai dicek kontainer kemudian dibawa ke stasiun KA terdekat, dalam hal ini Kalimas, lalu menunggu proses pemuatan / loading activities. Intinya, bisa mengurangi biaya mel-melan, haulage dan penempatan petugas khusus.

Yang ingin diharapkan, Customer mendapat manfaat langsung berupa kemudahan pelayanan dan biaya lebih kompetitif. Untuk mewujudkan hal tsb, sekali lagi tim gabungan dari Otoritas Pelabuhan (OP), BC, TPS, KALOG dan PT Kereta Api Indonesia (Persero) melakukan pengecekan lapangan pada hari Kamis 20/03 dan Jumat 21/03 lalu.

Acara ditutup dengan penandatanganan perjanjian kerjasama (PKS) dan ditakukan oleh Direktur Utama TPS dan KALOG di torpus PT TPS. Mari kita sukseskan dan optimalkan fasilitas yang sudah dijajaki sejak akhir tahun 2014 lalu. Harapannya, layanan angkutan KA yang mengusung konsep "simple, effective, efficient", bisa dimanfaatkan dengan baik oleh pengguna jasa KA.

Rujukan sebelumnya, terkait isu KA pelabuhan, silahkan baca : [KG-078/2015] PT KALOG Promosikan Angkutan KA Pelabuhan, [KG-066/2015] Dirut PT KALOG + Dirut PT KAI Sidak Persiapan KA Pelabuhan, [KG-064] Kunker Diropsar PT KALOG + Prospek Rel KA Masuk TPS. [KG-062/2015] Revitalisasi Jalur KA Ke Terminal Petikemas Surabaya , [KA-049/2015] MoU Pelindo III Tg Perak Dengan PT KAI Daop 8 SB, [KG-026/2015] Dirut KALOG Kunjungan Kantor OP + TTL, [KG-003/2015] Kunjungan Lanjutan Ke TPS – 02/01/15 dan [KG-315/2014] Kunjungan KALOG Ke Terminal Petikemas Surabaya (TPS).

Oh ya, peresmian KA pelabuhan ini direncanakan tgl 07/04 dan menyesuaikan dengan perkembangan situasi dan kondisi yang ada. Akan di-update bila ada perkembangan terkini. Ciao.

Dokumentasi terlampir.




Go get 'em !

Sumber : KALOG / Foto : Didik H - Egie Komar.

[English Free Translation]
Friday, March 21st, the signing of cooperation agreements between PT Kereta Api Logistik (KALOG) and PT Terminal Container Surabaya (TPS) has been done at the TPS H.Q. Other preparations still continue doing so.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar