Jumat, 13 Maret 2015

[KG-072/2015] Prospek PT BKE + Sosialisasi Angkutan TPS



SuRaBaYa: Jum’at 13/03 pagi, ketemu calon Pelanggan dari JKT, PT Buana Kontenindo Express (BKE). Diskusi tri-partite antara PT Kereta Api Indonesia (Persero) Kantor Pusat + Daop 8 SB, JO BUMIKALOG dan PT BKE.

Pertemuan berlangsung alot. Namun demikian bukan tidak ada hasil. Pembicaraan intensif sudah dilakukan berulangkali dan tinggal menunggu hari. Saat ini bongkaran KA milik BKE sudah berjalan di Stasiun Kalimas tetapi untuk pemuatan di Stasiun Benteng (BET), Surabaya.

Sehubungan semua angkutan barang nantinya akan difokuskan di Terminal Barang Kalimas maka instruksi dari induk, agar semua angkutan barang dengan moda kereta api (KA) akan difokuskan di TB KLM.

Beres dengan urusan BKE, dilanjut dengan program sosialisasi di kantor pusat PT Terminal Petikemas Surabaya (TPS). Dengan mengundang sejumlah importir buah-buahan, sosialisasi berlangsung mancarli.

Bahwa ada keraguan, pastinya selalu begitu. Namanya barang baru dan ini merupakan program pemerintah untuk menekan biaya logistik sehingga koneksi rel KA masuk ke pelabuhan menjadi wajib dan prioritas. Tak hanya pelabuhan yang dibidik. Bandara pun kini wajib terkoneksi dengan rel KA.

Kenapa baru terpikir sekarang ya ? Sejarah pembangunan rel KA (sebagai contoh) ke pelabuhan TPS sudah ada sejak tahun 2006/2007 dan dibangun oleh Satker Dirjenka. Selama itu pula menjadi pajangan dan pemanis gak jelas juntrungane.

Nah sejak bang Mandor memimpin PT Kereta Api Indonesia (Persero), Ignasius Jonan, dilanjutkan oleh Edi Sukmoro yang menggantikan posisi bang Mandor sebagai orang nomor satu, harapannya nyaris serupa, yakni ingin mewujudkan kemudahan bagi pengguna jasa dan lebih efisien serta efektif.


Seperti diketahui, memorandum of understanding (MoU) ato nota kesepahaman sebagai landasan hukum untuk pelaksanaan kegiatan ini, sudah ditandatangani oleh kedua belah pihak tgl 09/01/15 lalu. Kini tinggal menunggu eksekusi dari cita-cita tersebut.

Semoga. Simak liputannya dibawah ini.

Sumber : KALOG / Foto : RAM – Egi Komar.

[English Free Translation]
Friday, March 13th, a number of scheduled meetings, we received. But we only had time to present in 2 (two) dedicated meeting : Daop 8 SB (discuss removals service PT BKE of BET to KLM) and outreach programs of the port railway at TPS. Bravo!.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar