Selasa, 03 Maret 2015

[KG-062/2015] Revitalisasi Jalur KA Ke Terminal Petikemas Surabaya



SuRaBaYa: Upaya kerjasama yang telah lama digodok dari berbagai institusi, untuk mengurangi beban biaya logistik nasional, terus diupayakan. Salah satu mewujudkan jalur kereta api (KA) masuk ke pelabuhan. Di ujung timur pulau Jawa, Terminal Petikemas Surabaya (TPS) dan instansi terkait sudah siap sedia bahu membahu untuk merealisasikannya.

Bukan hal yang mudah, karena sebagian rel KA yang melintas dari Stasiun Kalimas menuju Prapat Kurung kebanyakan sudah termakan umur dan menjadi pemukiman, selain sejumlah titik tertentu pastinya memerlukan penggantian bantalan, rel maupun penambahan batu ballast. Sosialisasi kepada masyarakat pun sudah disiapkan sejak tahun 2014 lalu.

Pihak PT Kereta Api Indonesia (Persero) via Daop 8 SB terus gencar melakukan sosialisasi kepada masyarakat sekitar, dibantu dengan koordinasi bersama pihak-pihak terkait seperti RT/RW, Muspika, Kecamatan dan Kelurahan. Intinya memberikan pemahaman akan proses revitalisasi dan PT KAI akan memanfaatkan lahan yang selama ini belum digunakan secara optimal.

Beberapa waktu yang lalu, tepatnya di hari Sabtu 14/02 SM Aset Daop 8 SB melakukan sosialisasi penertiban bangunan rumah guna menghidupkan jalur double track lintas Kalimas - Prapat Kurung - Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya serta peninjauan langsung ke area yang ditertibkan.

Bangunan yang akan ditertibkan tersebut sebanyak 311 rumah warga Kalimas Baru II. Hadir dalam sosialisasi tersebut Muspika Pabean Cantikan serta Tokoh Masyarakat Kalimas Baru II. Warga Kalimas Baru II mendukung penertiban yang dilakukan oleh PT KAI Daop 8 SB demi terwujudnya tujuan yang lebih besar. Dokumentasi terlampir.





Kini, rapat koordinasi terus berlangsung dan proses perwujudan masuknya rel kereta api (KA) ke PT Terminal Petikemas Surabaya (TPS) sudah mendekati hari pelaksanaan. Sejumlah persiapan akhir terus dikebut. Target, sebelum akhir bulan Maret 2015 sudah ada uji-coba angkutan KA dan selanjutnya siap-siap diresmikan oleh Menteri Perhubungan.

Menyusul infonya ya.

Sumber : PT KAI - CorComm Daop 8 SB.

[English Free Translation]
Collaborative efforts that have long discussed from various institutions, to reduce the burden of the national logistics costs, continue to be pursued. One goal is to realize the railway line into the harbor. At the eastern part of Java island, Surabaya Container Terminal (Terminal Petikemas Surabaya / TPS) and related agencies already ready in hand, to make it happen. Go get ‘em.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar