Wednesday, September 19, 2018

[KU-xxx/2018] Penyelesaian Pekerjaan Jalan Rel Tahap 1 Servo Railway oleh PT KAPM


PALEMBANG : Dalam rangka mendukung kerjasama antara PT Kereta Api Indonesia (Persero) dengan PT Servo Meda Sejahtera  (Servo Railway) yang akan membangun proyek double double track sepanjang 150 Km di jalur Tanjung Enim -Tiga Gajah, PT KA Properti Manajemen (PT KAPM) ditunjuk sebagai kontraktor pelaksana pekerjaan Jalan Rel Tahap 1 sepanjang 2 x 1.000 m.

Pekerjaan Jalan Rel Tahap 1 tersebut dilaksanakan sebagai bagian dari ground breaking project dan telah dilaksanakan ditandai dengan Prosesi Groundbreaking oleh Gubernur Sumatera Selatan, Alex Noerdin pada hari Rabu tanggal 19 September 2018 bertempat di Desa Menanti, Kab. Muara Enim, Sumatera Selatan.

Semoga kedepannya akan semakin banyak proyek perkeretaapian untuk mendukung pertumbuhan ekonomi dan menciptakan konektifitas nasional.



--- quote ---

[artikel] Rel Double Track Servo Railway Mulai Digarap Pada November 2018

Iwan Sutiawan

19-09-2018 23:57

Palembang, Gatra.com - Pembangunan kontruksi rel ganda (double track) jalur angkutan batubara Servo Railway ditargetkan dimulai dikerjakan pada November nanti sebagaimana terungkap dalam konsolidasi yang digelar oleh Servo Railway bersama dengan pihak terkait, Rabu (19/9).

Sesuai keterangan pers yang diterima Gatra.com, acara konsolidasi berlangsung di Desa Menanti, Kecamatan Lubai, Kabupaten Muara Enim, Sumatera Selatan (Sumsel) dihadiri oleh Gubernur Sumsel, Alex Noerdin dan mitra strategis di antaranya PT Bukit Asam (PT BA) dan PT Kereta Api Indonesia (PT KAI).

Direktur Operasional PT BA, Suryo Eko Hadianto, menyatakan siap mendukung dan memanfaatkan proyek Servo Railway guna menjadikan Sumsel sebagai lumbung energi nasional. Sementara Kepala Divisi Regional III PT KAI, Hendy Helmy, mengatakan pembangunan rel ganda Servo Railway akan memangkas waktu tempuh sekaligus meningkatkan kapasitas angkut batubara pada jalur Tanjung Enim Baru-Tarahan.

"Sinergi positif PT KAI bersama Servo Railway akan memberikan dampak positif untuk daerah maupun Indonesia secara keseluruhan," ujarnya.

Sedangkan Direktur Infrastruktur PT Pembangunan Perumahan (Persero) Thoha Fauzi yang juga hadir dalam acara tersebut menyampaikan, pihaknya akan menjadi bagian dalam proyek Servo Railway. PT PP sebagai calon kontraktor utama menjanjikan pekerjaan dengan menggunakan sumberdaya profesional guna meningkatkan manfaatnya.

Rencananya, double track Servo Railway akan dibangun sepanjang 150 kilometer yang melintasi 3 wilayah kabupaten di Sumsel, di antaranya Muara Enim, Lahat, dan Ogan Ilir. Pembangunan rel ganda dilaksanakan dua tahap, yakni tahap pertama ditargetkan akan bisa dioperasikan pada 2020 dan fungsinya akan ditingkatkan menjadi jalur ganda rangkap (double double track) yang beroperasi pada akhir 2024 mendatang.

Adapun Servo Railway menargetkan mampu mengangkut batubara milik perusahaan afiliasi sebanyak 50 juta ton pada tahun pertama operasi. Jumlah tersebut secara bertahap akan ditingkatkan sesuai dengan kebutuhan energi batubara ke depan.

Dengan jalur ganda rangkap, kapasitas angkut Servo Railway mampu meningkat mencapai 200 juta ton batubara per tahun. Berdasarkan datanya, Sumsel memiliki sumberdaya alam di tiga wilayah tersebut mencapai 21 miliar ton.

Comisioner Servo Railway, Widhi Hartono mengatakan, pembangunan jalur kereta api khusus tersebut sepanjang 150 KM dari Tanjung Enim Baru-Tarahan-Prabumulih akan dilakukan bertahap.

"Pembangunan jalur kereta yang dilakukan perusahaan swasta memberupaya berkontribusi pada pembangunan daerah Sumsel," ujarnya.

Sumber : Gatra, 19.09.18.

--- unquote ---

Sumber : Humas KAPM / Foto : Hariandy Hasbi.

[English Free Translation]
In order to support the cooperation between PT Kereta Api Indonesia (Persero) and PT Servo Meda Sejahtera (Servo Railway) that will build a 150-kilometer double double track project in the Tanjung Enim-Tiga Gajah route, PT KA Property Management (PT KAPM) is appointed as a contractor implementing 2 x 1,000 m Phase 1 railway construction. Congrats !

No comments:

Post a Comment

[KU-179/2021] Dirut KAI Commuter Mukti Jauhari Tutup Usia

  Bisnis.com, JAKARTA - Keluarga besar KAI Group khususnya KAI Commuter hari ini berduka. Direktur Utama KAI Commuter Mukti Jauhari meningg...