Wednesday, September 12, 2018

[KU-xxx/2018] KA Trans-Sulawesi Untuk Sementara Angkut Logistik


JAKARTA : Pembangunan infrastruktur menjadi salah satu prioritas utama dalam membangun Sulawesi Selatan (Sulsel). Salah satu yang menjadi perhatian utama ialah pembangunan rel kereta api (KA). Trans-Sulawesi juga menjadi salah satu program strategi nasional andalan Presiden Jokowi di timur Indonesia.

"Infrastruktur KA itu memang harus ada sinergi antara pusat, provinsi, dan kabupaten/kota sebab banyak hal yang terjadi di daerah, tetapi pusat tidak tahu hal itu," kata Gubernur Sulsel Nurdin Abdullah. Groundbreaking pembangunan KA lintas Makassar-Parepare sudah dilakukan di Desa Siawung, Kec Barru, Kab Barru, sejak Agustus 2014.

Total panjang rel KA Trans-Sulawesi yang akan dibangun sepanjang 145 km dari Makassar hingga Parepare. Rencananya, KA itu mulai digunakan 2019, tetapi sementara ini untuk angkutan logistik sehingga yang dibangun dan dimanfaatkan terlebih dahulu hanya 44 km dari Barru ke Pangkep.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi pernah menegaskan semula rencana pembanguanan rel KA ke arah Parepare, tetapi berubah karena akan diefektifkan secepatnya untuk mengangkut logistik dari Pelabuhan Garong-kong, Barru, ke sejumlah pabrik semen di Pangkep agar bernilai ekonomi.

Sumber : Media Indonesia, 08.09.18.

[English Free Translation]
Infrastructure development is one of the main priorities in building South Sulawesi (Sulsel) region. One of the main concerns is the construction of railroad tracks. Trans-Sulawesi is also one of President Jokowi's mainstay national strategy programs in eastern part of Indonesia. Good Luck !

No comments:

Post a Comment

[KU-179/2021] Dirut KAI Commuter Mukti Jauhari Tutup Usia

  Bisnis.com, JAKARTA - Keluarga besar KAI Group khususnya KAI Commuter hari ini berduka. Direktur Utama KAI Commuter Mukti Jauhari meningg...