Jumat, 04 Maret 2016

[KA-062/2016] Persiapan Peluncuran Museum KA Bondowoso


BoNDoWoSo: Tim Heritage PT Kereta Api Indonesia (Persero) yang dipimpin oleh Manager Museum beserta Manager Humas Daop 9 Jember, mengadakan koordinasi dengan Dinas Pariwisata Kabupaten Bondowoso, Kamis (03/03).

Kegiatan ini terkait dengan persiapan Pre-launching Museum Kereta Api Bondowoso. Tim Heritage diterima langsung oleh Kepala Dinas Pariwisata Bondowoso Bpk. Harry Patriantono yang didampingi oleh beberapa kepala bidang.

Dalam kegiatan ini Manager Museum menyampaikan perihal penataan museum yang saat ini telah dilakukan, dan prospek pengembangan museum kereta api ke depan. Dengan harapan PT KAI bisa bersinergi dengan Pemerintah Daerah, untuk bisa memberikan kontribusi edukasi kepada masyarakat melalui Museum Kereta Api.

Kepala dinas Pariwisata sangat bangga dan berterima kasih kepada pihak PT KAI yang mempunyai kepedulian tinggi terhadap pelestarian benda-benda kuno kereta api yang mempunyai nilai sejarah.

"Pembuatan Museum Kereta Api di Bondowoso ini sangat tepat, karena perkeretaapian di Bondowoso terkenal dengan peristiwa bersejarahnya yaitu Tragedi Gerbong Maut," ujar Harry. "Kami siap mendukung, apa yang bisa kami bantu akan kami lakukan, apalagi ini museum kereta api satu-satunya di Jawa Timur" tegasnya.

Sementara itu, Manager Humas dalam keterangan persnya mengatakan, secara bertahap museum kereta api Bondowoso akan terus dibenahi, baik itu terkait dengan kelengkapan koleksi dan penataan lingkungan di sekitar museum.

"Lingkungan harus steril dari keluar masuknya masyarakat yang tidak berkepentingan," pungkasnya.

Dokumentasi terlampir.


Sumber : CorComm Daop 9 JR.


--- quote ---

(Artikel) Selangkah Menuju Stasiun Kereta Api Bondowoso

BONDOWOSO: Segera Dibuka, PT KAI Datangkan Aksesori Kuno.

Objek Wisata Bondowoso bakal bertambah satu lagi. Yakni Museum Kereta Api. Berbagai persiapan telah dilakukan. Bahkan saat ini, stasiun kereta api yang telah mati berpuluh-puluh tahun itu telah dihinggapi aura kehidupan.

Sta Bondowoso yang biasanya lengang, terlihat bergeliat dalam beberapa minggu terakhir ini. Para petugas menata benda-benda sejarah peralatan kereta api zaman dahulu. Saat ini barang-barang tersebut sudah tertata rapi dan tata letaknya sangat sempurna.

Penataan itu dalam taraf persiapan pembentukan museum. Beberapa stakeholder terkait melakukan peninjauan siang kemarin (3/3). Diantaranya Kepala Disparporahub Harry Patriantono beserta para kabid dan staf.

Manager Museum Sapto Hartoyo menegaskan, ketika museum KA Bondowoso ini jadi, akan menjadi satu-satunya museum Kereta Api di Jawa Timur. Sehingga akan sangat tepat ketika digunakan sebagai wisata edukasi.

"Apalagi Bondowoso memiliki sejarah Gerbong Maut, sehingga muatan sejarahnya sangat kuat," jelasnya. Manajer Humas Daop 9 Jember Krisbiyantoro mengatakan, yang dilakukan pihaknya saat ini masih persiapan.

Untuk menjadi sebuah museum yang bagus, masih harus ada pembenahan lagi. Diantaranya privasi tempat. Paling tidak, sekeliling tempat itu ada tembok yang mengitari, sehingga steril dari keluar masuknya masyarakat.
"Makanya kami bersinergi dengan pemerintah daerah, agar cita-cita itu bisa tercapai," ungkapnya.

Sumber : Radar Ijen, 04.03.16

--- unquote ---

[English Free Translation]
Heritage Team of PT Kereta Api Indonesia (Persero), led by Museum Manager and Public Relations Manager at Daop 9 Jember, coordinated with the Tourism Office of the regency, on Thursday (March 3rd). Yooops, congrats ! One step again.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar