Senin, 10 Agustus 2015

[KG-218/2015] “PT KALOG” Adakan “SAP Training”

JaKaRTa: Mendengan kata “SAP” orang masih saja suka terkesiap ato terheran-heran, benda apa sih itu ? Yang pasti, itu program yang boleh dibilang mahal dan gak semua perusahaan mampu membelinya. Itu kata yang jualannya loh.

Meminjam paparan singkat yang disampaikan oleh Radityo Yudiarto di blognya sapbasic.wordpress.com, semoga Pembaca yang lain bisa memahaminya dengan baik, khususnya bagi yang blon pernah tahu. Maaf, kami pinjam ya proloog-nya.

Bagi Pembaca yang bekerja di sebuah perusahaan besar berbasis SAP, bila ada yang kurang pas, monggo bisa dibagi pengetahuannya ya. SAP sendiri merupakan singkatan dari “Systems, Applications & Procedures”.

Kabarnya, perusahaan yang pertama kali mengggunakan SAP adalah PT. Krakatau Steel yang mengimplentasikan SAP mainframe system (R/2 system pada awal 1990-an), kemudian diikuti oleh perusahaan besar lain di Tanah Air.

Mungkin karena kehandalanya sebagai sebuah aplikasi pendukung ERP (enterprise resource planning), membuat SAP banyak digunakan oleh berbagai perusahaan besar di Indonesia, walaupun harga yang harus dikeluarkan untuk implementasi dan yearly license & maintenance tidak bisa dikatakan murah.

PT Kereta Api Indonesia (Persero) sudah menerapkan SAP beberapa tahun sebelumnya dan baru berhasil menularkan “virus SAP” ke anak perusahaannya, diantaranya PT KCJ dan PT Kereta Api Logistik (KALOG), blon lama ini.

Buktinya, terhitung efektif hari Senin ini, tgl 10/08 hingga 2 minggu ke depan, PT KALOG menyelenggarakan pelatihan SAP, yang dikoordinir oleh PT Asyst dengan menggunakan sebuah tempat training di Bekasi.

Acara dibuka jam 08.30 dan siang harinya sempat ditilik oleh direksi PT KALOG berserta rombongan. Dirut KALOG memberikan dukungan kepada para peserta dan konsultan, serta berharap semoga sistem SAP dapat diimplementasikan dengan baik.

Pasalnya, merupakan sebuah dedikasi dan komitmen dari manajemen, mumpung organisasi masih mungil (SDM kurang dari 250 orang) tapi mengingat pembagunan infrastruktur besar-besaran tahun ini, diharapkan mulai tahun 2016 PT KALOG sudah mulai bisa lari kencang.

Tahun ini, boleh dibilang alokasi dana terserap di pembangunan infrastruktur tetapi bila sudah selesai dan beroperasi, semoga tinggal memanen hasil saja serta membuka potensi bisnis baru.

Silahkan disimak, hasil liputan wartawan amatir yang hobinya jepret sana jepret sini, semoga hasil dokumentasi pelatihan SAP di Bekasi ini tidak mengecewakan. Bakal punya julukan anyar deh : "kecil-kecil cabe rawit" hi hi hi. Perusahaan baru berkembang tapi 'dah dimodalin SAP. 

Semoga mancarli. Manajemen menyadari bahwa bisnis KALOG dapat terus tumbuh dan berkembang, karenanya gak segan-segan berinvestasi selain di sektor infrastruktur, juga pembenahan sistem dan meningkatkan kompetensi SDM. Hmm ... mantep iki. Cheers !


Sumber : Langsung ato LIVE / Foto : RAM - Widi - Adjeng Putri - Haydar.

[English Free Translation]
Effective from today, Monday, August 10th up to 2 (two) weeks ahead, PT KALOG organizes SAP training, which is coordinated by PT ASYST by using a training place in Bekasi. Happy training.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar