Rabu, 04 Februari 2015

[KU-035/2015] Disiapkan Hingga 2020 Padang-Solok Dengan Kereta

PADANG: Jalur KA Padang-Solok sepanjang 32 km akan segera dibangun, karena merupakan salah satu rencana strategis pengembangan KA Sumatera 2015-2020, kata Kadishubkominfo Provinsi Sumatra Barat, Amran.

"Jalur biasa yang dilewati kereta api dari Padang menuju Solok adalah dengan melewati Padang-Pariaman, Silaiang dan Padang Panjang dengan jarak sekitar 115 Km. Jalur baru ini akan memperpendek jarak tempuh," katanya di Padang, Senin (26/1).

Sementara jalur KA yang baru itu akan melewati Kec. Pauh, Padang, terus menembus perbukitan menuju Solok.

"Keadaan alamnya memang cukup berat, karena itu di beberapa titik kemungkinan akan dibuat terowongan," katanya. Ia mengatakan, jalur tersebut telah disurvei dan dinyatakan layak untuk dibangun jalur KA.

"Kami akan berkoordinasi dengan PT KAI untuk memastikan jalur yang akan dilalui tersebut. Setelah jelas, kami akan melakukan pendataan untuk mempersiapkan pembebasan lahan," katanya. Amran mengatakan, pembangunan jalur KA tersebut akan dibantu oleh pemerintah pusat melalui APBN.

"Menteri Perhubungan Ignasius Jonan telah meminta untuk segera melakukan langkah-langkah untuk pembangunan jalur KA ini. Kami akan memamfaatkan kesempatan ini dengan sebaik-baiknya, "katanya.

Sumber : Metro Andalas, 27.01.15.

Rujukan sebelumnya, silahkan baca [KG-027/2015] KA Lintas Sumatera Siap Diwujudkan.

[English Free Translation]

Padang-Solok railway line along the 32 km, will be built because it is one of the strategic plan 2015-2020 Sumatera railway development, said Kadishubkominfo West Sumatera province, Amran.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar