Rabu, 25 Februari 2015

[KG-056/2015] Penerapan ISO Dalam Rangka Meningkatkan Pelayanan

JaKaRTa: Sebagai anak perusahaan pertama dari PT. KAI (Persero) yang telah mendapatkan sertifikat ISO 9001 : 2008, maka selanjutnya yang pekerjaan rumah bagi manajemen dan KALOGers adalah bagaimana mempertahankan sertifikat yang telah susah payah diperoleh tersebut.

Sebagai informasi aja, untuk mempertahankan sertifikat bergengsi tersebut, KALOGers setidaknya harus menghadapi sekurang-kurangnya 2 (dua) kali surveillance audit per tahun yang akan dilaksanakan oleh auditor eksternal dan 2 kali internal audit yang akan dilaksanakan oleh tim auditor mutu internal KALOG.

Dari kondisi tersebut, pasti banyak KALOGers yang bertanya “kok ribet amat ?” Jawaban dari pertanyaan tersebut pastilah hanya satu yaitu “mau bagaimana lagi?”. Akan tetapi, apabila kita renungi secara lebih dalam, mungkin yang kita sebut ribet adalah melaksanakan pekerjaan administrasi baru, yang selama ini jarang dikerjakan.

Kita baru akan mengerjakan laporan administrasi pada saat diminta oleh atasan atau ada audit SPI Kalog maupun KAI masuk. Barulah kita setengah mati untuk menyiapkan itu. Yang lebih seru lagi, karena mendadak disiapkan, akhirnya banyak yang “salah buat” dan akhirnya harus di-CO. udah susah payah, ehhh hasilnya disidang juga. Budaya kerja seperti inilah yang akan dikurangi secara bertahap dengan menggunakan sistem ISO 9001:2008.

Dengan tertib administrasi sesuai dengan SOP yang telah/akan ditetapkan, maka kita akan lebih punya banyak waktu untuk mengawasi kegiatan kita dimana salah satunya adalah peningkatan pelayanan kepada konsumen.
Percayalah, pada saat konsumen puas maka selanjutnya pendapatan perusahaan akan membaik. Kalau pendapatan perusahaan meningkat, maka selanjutnya kesejahteraan karyawan pun pasti membaik. Mau apa ngga, hayoooo ?

Jadi untuk menutup sharing kali ini, maka mohon dapat diingat bahwa prinsip dasar dari ISO 9001:2008 adalah “Tulis yang Anda Lakukan dan Lakukan yang Anda Tulis”. Jika itu dilakukan dengan baik dan benar, maka Insya Allah semuanya akan menjadi lebih baik. Salam KALOGers.

Sumbangan tulisan dari VP QA & IC – Erwin Suryadi.

[English Free Translation]
This forum provides a means for discussion, especially for KALOGers. Incidentally VP QA and IC have a concern to share experiences, let's use the best possible way. This is his first post in the forum. Bravo KALOGers !

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar