Minggu, 19 Oktober 2014

[KU-287/2014] Gaet Belanda, Museum KA Ambarawa Akan Jadi Yang Terbesar di Asia


AMBARAWA: Museum Kereta Api di Ambarawa direncanakan menjadi museum kereta api terbesar di Asia. Saat ini PT KAI bekerjasama dengan Nederlands Smalspoor Museum dari Belanda mulai mempromosikan Museum Ambarawa ke Belanda.

EVP Conservation, Maintenance, and Architecture Design, PT KAI, Ella Ubaidi mengatakan, bentuk kerjasama yaitu saling mempromosikan museum antarnegara.

"Promosi bersama, museum PT KAI akan dipromosikan di Belanda nanti bisa dapat banyak tamu segmen Eropa. Nanti promosi museum mereka di kita," kata Ella usai penandatanganan kerja sama antara PT KAI dengan pengelola Nederlands Smalspoor Museum, di Lawangsewu, Kota Semarang, Jumat (17/10).

Selain itu akan ada sharing pengetahuan untuk merawat kereta uap yang nantinya digunakan untuk kereta wisata. Pihak Belanda akan mengirimkan ahli ke Semarang untuk memberikan pengetahuan terkait perawatan dan mengaktifkan kembali kereta uap yang ada.


"Bentuk bantuan dari Belanda nanti mengirim ahli untuk mengajari memperbaiki kereta uap. Kita punya 28 kereta uap yang kemungkinan besar bisa dihidupkan kembali," tandasnya.

Ella menegaskan kemungkinan museum KA Ambarawa akan menjadi museum terbesar terlebih lagi jika rel dari Semarang-Magelang sudah selesai direstorasi semuanya.

"Insyaallah jadi museum KA terbesar di Asia bahkan bisa di dunia. Jalan rel dari Semarang ke Magelang akan direstorasi. Bisa dipakai tidak hanya KA umum, tapi bisa dalam kemasan KA wisata," tutur Ella.

Sumber : detik, 17.10.14.

Catatan : 
Liputan khusus dari editor blog ini, tentang Stasiun Ambarawa, silahkan baca di [KG-279/2014] Amazing Ambarawa ! – edisi Sabtu, 11 Oktober 2014.

[English Free Translation]
Railway Museum in Ambarawa planned to be the largest railway museum in Asia. Currently, PT Kereta Api Indonesia (Persero) cooperated with Nederlands Smalspoor Museum and began to promote the Ambarawa’s Museum to the Netherlands. Both ways.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar