Rabu, 29 Oktober 2014

[KG-297/2014] Upacara Pergantian Dirut PT Kereta Api Indonesia (Persero)



JaKaRTa: Akhirnya, kabar yang ditunggu-tunggu datang juga. Pergantian pucuk pimpinan di perusahaan pelat merah dibawah pimpinan Ignasius Jonan, secara resmi mulai hari Rabu 29/10 diteruskan ke Edi Sukmoro.

Bertempat di ruang Rakor Menteri BUMN, Gedung Kementerian BUMN lantai 19, telah dilaksanakan Penyerahan Keputusan Menteri BUMN tentang pemberhentian Ignasius Jonan dan pengangkatan Edi Sukmoro sebagai Direktur Utama PT Kereta Api Indonesia (Persero). Rujukannya : Surat Keputusan Menteri BUMN Nomor SK-253/MBU/10/2014 Tanggal 28 Oktober 2014.



Dalam foto diatas, foto dari kiri-kanan : Ignasius Jonan (Menteri Perhubungan), Rini M. Soemarno (Menteri BUMN) dan Edi Sukmoro (Direktur Utama PT KAI). Kata-kata pisah sambut dan informasi seputar pergantian pimpinan di PT KAI dapat disimak dibawah ini.

--- quote ---

Berikut kata-kata perpisahan dari Ignasius Jonan yang disebarkan ke akar rumput di lingkungan PT KAI,

Rekan-rekan sekalian,
Pergantian Direktur Utama KAI telah dilaksanakan pada hari ini, Panglima KAI sudah berganti, saya telah menyerahkan tongkat estafet kepada Sdr. Edi Sukmoro dengan baik.
Saya mohon agar kalian tetap melanjutkan pengembangan KAI seperti yang telah dicanangkan di dalam kepemimpinan Sdr Edi Sukmoro.

Ybs punya dedikasi yang luar biasa dan semangat untuk turut memperbaiki KAI tanpa kepentingan pribadi apapun juga.

Dalam kesempatan ini saya memohon maaf yang sebesar besarnya atas segala kekurangan dan kekhilafan saya, namun saya akan tetap menaruh KAI di lubuk hati saya sepanjang hidup saya.

Saya akan akan tetap mendukung KAI dimanapun berada dan berharap bahwa KAI akan tetap menjadi contoh yang baik bagi semua BUMN. Sekali lagi... terima kasih atas kerjasama selama 5 tahun dan 8 bulan ini.

Penugasan saya sebagai Menteri Perhubungan adalah suatu pencapaian prestasi yang luar biasa bagi KAI, yaitu mengirimkan "duta" sebagai menteri pada Kabinet Kerja JKW-JK.

Selamat berjuang... pantang surut ...

Sementara itu kata sambutan dari Edi Sukmoro, Dirut baru PT Kereta Api Indonesia (Persero), menggantikan "mandor" lama, Ignasius Jonan, sbb:

Kepada seluruh Keluarga besar PT KAI dimanapun anda berada ,saya secara tulus mengucapkan banyak terima kasih atas perhatian nya,dan mhn dukungan selanjutnya unt meneruskan perjuangan dalam rangka memajukan perusahaan yg kita cintai ini. Percayalah bahwa dg bekerja keras maka PT KAI akan segera menuju ke kelas dunia,semangat dan "kerja-kerja-kerja", salam.

Nah, yang dibawah ini liputan dari DETIK.COM edisi 29/10, untuk referensi Pembaca sekalian.

a) Edi Sukmoro, Dirut KAI Baru Pengganti Jonan.
Sekretaris Kementerian BUMN Imam A Putro mengatakan, Kementerian BUMN telah menunjuk Edi Sukmoro sebagai dirut baru KAI.

"KAI paling cepat dilakukan karena transportasi publik dan keselamatan. Secepatnya makin bagus," jelas Menteri BUMN Rini Sumarno kemarin. Sertijab pergantian Dirut KAI dilakukan di Kementerian BUMN pagi tadi.

b) Alasan Rini Soemarno Pilih Edi Sukmoro Jadi Dirut KAI Pengganti Jonan.
"Untuk memilih Dirut KAI yang baru, saya berkonsultasi dengan Pak Jonan. Ada 2 nama, masing-masing dari direksi dan komisaris," kata Menteri BUMN Rini Sumarno. Setelah berdiskusi dengan Jonan, lanjut Rini, akhirnya nama Edi yang terpilih. Rini menilai Edi cocok dengan ritme kerjanya.

"Yang cocok sama saya ya Pak Edi. Kemudian, Pak Edi juga paham seluk beluk perkeretaapian," tutur Rini. Nama Edi sebagai Dirut KAI, tambah Rini, juga sudah disetorkan ke Jokowi.

"Saya sudah laporkan ke Pak Presiden dan beliau setuju," ujarnya.

c) Jadi Bos Baru KAI, Ini Langkah Edi Sukmoro.
Dirut PT KAI yang baru dilantik, Edi Sukmoro, telah mempersiapkan program kerja atau langkah yang diambil untuk memimpin KAI ke depan. Ia akan melanjutkan pencapaian yang telah dilakukan oleh pendahulunya yakni Ignasius Jonan selama 6 tahun memimpin KAI.

"Pertama adalah memberikan layanan ke masyarakat. Maka pasukan KAI akan difokuskan ke pelayanan. Pelayanan utama adalah keamanan. Itu nggak ada toleransi," kata Edi.

Langkah kedua adalah mempertahankan kinerja keuangan yang selama ini sudah membaik. Selama dipegang Jonan, keuangan KAI menunjukkan tren positif dan meningkat sejak tahun 2009. Tahun lalu saja perseroan berhasil membukukan laba bersih Rp 560 miliar.

Selain fokus di keuangan dan layanan, ia akan mendorong perkembangan moda kereta dalam kota atau perkotaan.

d) Ini PR dari Jonan untuk Bos Baru KAI.
"Saya mendorong sebagai regulator supaya perkeretaapian menjadi tulang punggung transportasi darat. Ini sesuai arahan Pak Presiden agar perkeretaapian berkembang," kata Jonan.

Jonan menilai tugas Edi ke depan tidaklah ringan. Menurutnya, prioritas KAI ke depan adalah meningkatkan kapasitas angkut penumpang menjadi 2 kali lipat dalam 5 tahun ke depan.

"Utamanya adalah meningkatkan kapasitas. KAI punya program pada 2020 paling lambat kapasitas angkutnya KA setahun 600 juta orang," papar Jonan. Tugas berikutnya, lanjut Jonan, adalah meningkatkan kapasitas angkutan barang.

"Tahun ini kira-kira 20 juta ton, ditergetkan dalam 5 tahun naik jadi 60 juta ton," katanya. Menurut Jonan, Edi adalah sosok yang pas untuk memimpin KAI. Dia menilai Edi punya prestasi yang meyakinkan.

"Prestasinya banyak sekali. Tapi kalau di korporasi itu prestasinya kan prestasi kolektif, jadi beliau dipandang bisa meneruskan ini supaya lebih maju," tuturnya.

e) Jadi Menhub, Jonan Ingin Secepatnya Bereskan Kereta Bandara
Salah satu proyek yang akan dipelajari oleh Menhub Ignasius Jonan adalah kereta bandara.

"Sebagian kan memang tugas saya di Perhubungan. Nanti kami selesaikan secepatnya," kata Jonan. Saat ini, lanjut Jonan, masalah di proyek kereta bandara adalah pembebasan lahan. "Saya kira itu pembebasan tanah lorong 21 dan 22," ujarnya. Jonan ingin membahas masalah ini secepatnya.

"Kalau mau quick win, nanti setelah 2 minggu," katanya. Sebelumnya, Jonan kala masih menjadi Dirut KAI punya solusi untuk membebaskan lahan proyek kereta bandara. Caranya adalah memberikan posisi pegawai tetap untuk kepala atau anggota keluarga yang tanahnya terkena proyek pembangunan. Jika lolos seleksi, maka akan diterima sebagai pegawai.

Skema penawaran ini merupakan cara baru yang ditempuh KAI. Karena selama ini KAI menghadapi kendala pembebasan lahan yang cukup berliku, khususnya untuk jalur Batu Ceper-Bandara Soetta sepanjang 12 km. Setidaknya ada ribuan kepala keluarga yang tanahnya terkena proyek KRL bandara.

f) Bos Baru KAI Angkat Bicara Soal Membludaknya Penumpang KRL Jabodetabek
Dirut baru PT KAI Edi Sukmoro angkat suara terkait membludaknya jumlah penumpang KRL Commuter Jabodetabek. Ia mengaku KAI secara berkala menambah armada baru untuk meningkatkan daya angkut KRL.

Meski ada penambahan kapasitas, Edi tidak menampik armada KRL akan terus penuh sesak saat jam-jam sibuk seperti berangkat dan pulang kerja. Alasannya ialah perbaikan layanan moda transportasi massal seperti KRL membuat masyarakat lebih memilih untuk memakai transportasi umum daripada kendaraan pribadi.

Meskipun pengguna layanan kereta terus meningkat, KAI tidak akan mengabaikan aspek keselamatan.

--- unquote ---

Good luck  !

[English Free Translation]
Located in the coordination meeting room Minister of State-Owned Enterprise (SOE) or BUMN, Ministry of BUMN Building 19th floor, has been implemented Handover Decision of SOE Minister on dismissal Ignasius Jonan and appointment Edi Sukmoro as Director of PT Kereta Api Indonesia (Persero). Reference: the Decree of the Minister of State-Owned Enterprises Number. SK-253 / MBU / 10/2014 Date October 28, 2014.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar