Sabtu, 11 Oktober 2014

[KG-279/2014] Amazing Ambarawa !

AmBaRaWa: Syukur alhamdulillah, saat dapat jatuh libur dimanfaatkan untuk beranjangsana ke saudara di Ambarawa, Jawa Tengah sana. Tujuannya melirik dari dekat apa dan kenapa sih Ambarawa begitu santer disorot belakangan ini. Kabarnya mau menghidupkan jalur KA penumpang maupun barang.

Berangkat Sabtu 11/10 pagi dengan menggunakan KA Maharani jam 06.00 dari sta. Pasar Turi Surabaya (SBI). Tiba di SMC alias Semarang Poncol jam 10.30, Salut banget bisa ngepas. Setelah itu, langsung menuju ke stasiun bersejarah Ambarawa..

Alih-alih mencari pembuktian, maka berangkatlah dengan persiapan ala kadarnya. Menemui Master disana, namanya pak Tri Pratiyo (Head Master). Untungnya lagi, pas beliau ada disana. Nah kalo lagi tugas di stasiun lain, repot juga, namanya juga kunjungan dadakan. Wuih banget khan.

Tiba di Museum KA Ambarawa, langsung disambut Head Master dan tak perlu berlama-lama sebelum akhirnya mengalir penjelasan sejarah stasiun dan berbagai seluk-beluk sesuatu yang belum tentu setiap orang mau tahu.

Waaah beruntungnya. Pergi dadakan dan gak percuma karena mendapat pengalaman luar biasa. Thanks God. Sulit menggambarkan dengan kata-kata namun filosofi yang dipelajari dan dikuasai Head Master patut diacungi jempol.

Salah satu yang menarik adalah simbol 4 (empat) arah mata angin di lantai café dan filosofi bangunan stasiun yang mirip kepala ular (naga ?) dimana bagian kepala, badan dan ekor dan wuiiiih segudang info menarik lainnya. Kapan-kapan ya kita bahas.

Koleksi foto kereta api lawas dan ngga tanggung-tanggung, hampir semua foto kita dibantu pengabilannya oleh pak Tri. Kebanggaan dan keberuntungan tersendiri. Berikut ini cuplikannya buat Pembaca dan pecinta KA di Tanah Air. Enjoy.

 

Semoga lain waktu bisa mampir kembali dan ajak rombongan besar untuk bisa mengunjungi Ambarawa menjelang peresmiannya kelak. Koleksi foto selengkapnya disimpan di blog : www.see-ram.blogspot.com.
Bravo !

Sumber : KALOG / Foto : RAM – Tri Prastiyo.

--- quote ---

(artikel) SUARA KARYA : Jakarta-Ambarawa Segera Terhubung

JAKARTA: Layanan KA Jakarta-Ambarawa (lewat Kedungjati, Grobogan) ditergetkan beroperasi  sebelum arus mudik Lebaran 2015.

"Untuk tahap I reaktivasi jalur ini telah mencapai 75%," ujar Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) Reaktivasi Jalur KA Kedungjati-Tuntang, Hendi Siswanto.

Menurut Hendi, selaku operator PT KAI Daop 4 telah menyiapkan layanan KA Jakarta-Ambarawa tanpa harus turun di Kota Semarang. Ia menambahkan, pemanfaatan kembali jalur rintisan KA juga akan mengurangi beban angkutan di jalan raya.

Disamping itu juga akan mendorong aktifitas perekonomian di Kab. Semarang & sekitarnya.

Sumber : Suara Karya, 10.10.14.

--- unquote ---

[English Free Translation]
Depart form Surabaya Pasar Turi (SBI) station on Saturday, 11/10 a.m, using the Maharani train to Semarang Poncol (SMC) on timely. Salute. On that day we have the opportunity to visit the historic station in Ambarawa and directly met with Head Master. Am a luckyman.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar