Kamis, 30 Oktober 2014

[KA-298/2014] Catatan Menhub Saat Sertijab



JAKARTA: Pada hari ini, Kamis 30/10 Kementerian Perhubungan (Kemenhub) menyelenggarakan acara serah terima jabatan (sertijab) dari pejabat lama EE Mangindaan ke pejabat baru Ignasius Jonan. Acara ini dihadiri oleh beberapa mantan Menhub periode sebelumnya.

Hadir dalam acara ini Komisaris, Direksi, beserta Jajaran PT. KAI (Persero) dan Anak Perusahaan yang berkesempatan untuk menghadiri acara. Dalam pidatonya Menteri Perhubungan Ignasius Jonan memberikan sambutan tentang :

1. Keselamatan
Ignasius Jonan menegaskan keselamatan adalah hal yang paling utama. Ia akan mendayagunakan pada pos keselamatan di Kemenhub semaksimal mungkin.

Apabila penyerapan anggaran bagus tapi keselamatannya rendah maka semua itu tidak ada artinya. Oleh karena itu setiap pembangunan yang akan dan sedang dilaksanakan oleh Kemenhub dengan menggunakan APBN, pertimbangan safety-nya harus lancar.

2. Multimoda dan Logistik
Sesuai arahan Presiden, ia akan menggenjot moda transportasi untuk mendukung sektor logistik dengan
pengembangan multimoda. Artinya moda transportasi saling terkoneksi sehingga bisa menekan cost of logistic agar memudahkan mobilitas.

Pasalnya biaya logistik di Indonesia masih sangat tinggi. Semakin rendah biaya logistik, maka akan semakin murah juga harga barang yang akan beredar di pasaran.

3. Daya Saing
Indonesia akan menghadapi pasar bebas ASEAN atau Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) dan Cina ini merupakan tantangan yang sangat besar sekali. Kalau kita tidak kompetitif suatu hari nanti kita hanya akan bisa menjadi masyarakat pengguna bukan memproduksi, dan kalau itu terjadi susahlah rakyat.

Menteri Perhubungan (Menhub) Ignasius Jonan menegaskan akan berusaha maksimal untuk mengembangkan dan meningkatkan layanan transportasi yang bermanfaat serta dapat memberikan kesejahteraan bagi masyarakat Indonesia.

Beliau juga menyampaikan “mudah - mudahan saya bisa berguna disini, kalau tidak berguna saya akan pergi dari sini”. Di akhir acara, rombongan dari PT Kereta Api Indonesia (Persero) turut hadir menyemarakan acara sertijab.

Acara diakhiri dengan pemberian cinderamata dan ucapan selamat dari tamu undangan kepada Menteri Perhubungan Ignasius Jonan beserta istrinya. Kegiatan lengkapnya bisa dilihat dalam lampiran berikut ini.



Informasi terkait, silahkan baca [KG-297/2014] Upacara Pergantian Dirut PT Kereta Api Indonesia (Persero) dan [KA-295/2014] Ignasius Jonan Jadi Menteri Perhubungan.

Sumber : CorComm PT KAI - Daop 1.

[English Free Translation]
Thursday, 30/10 Ministry of Transport (MoT) held a handover (sertijab) of the old officers EE Manindaan to new officials Ignasius Jonan. The event was attended by several former minister of transportation  previous period.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar