Monday, September 9, 2013

[KU-243/2013] Pelemahan Rupiah Bakal Seburuk Krisis 1998 Kah? Ini Kata Analis

Bisnis.com, JAKARTA— Posisi cadangan devisa yang terus melemah memunculkan kekhawatiran pasar terhadap pergerakan nilai tukar rupiah terhadap dolar AS yang semakin tertekan.

Berapakah titik kritis posisi cadangan devisa? Dan jika sudah sampai titik kritis itu, bagaimana dampaknya?
Berdasarkan data Bank Indonesia, pada akhir 2011 posisi cadangan devisa tercatat US$110,12 miliar. Lalu pada akhir 2012, cadangan devisa sempat naik 2,42% menjadi Rp112,78 miliar. Namun, pada 2013 angka tersebut terus berkurang dan pada Juli 2013 posisi cadangan devisa tercatat US$92,67 miliar.
Senior Research and Analyst PT Monex Investindo Futures Zulfirman Basir mengatakan posisi cadangan devisa yang sudah menurun saat ini masih tergolong dalam kategori aman, tetapi tetap harus diwaspadai agar tidak terus tergerus.
“Kalau lihat cadangan devisa saat ini, itu masih bisa untuk [pembiayaan] impor 5 bulan. Sedangkan batas psikologis cadangan devisa itu setidaknya bisa untuk impor 3 bulan, yakni setara dengan US$60 miliar,” ujarnya kepada Bisnis, Jumat (6/9/2013).

Jika cadangan devisa di bawah US$60 miliar, lanjut dia, dapat membuat rupiah semakin melemah dan akhirnya memperburuk kondisi perekonomian.
“Jika di bawah level psikologis itu, maka akan terjadi krisis rupiah dengan potensi resesi ekonomi Indonesia. Namun tidak akan seburuk krisis 1998 atau 2008, karena kondisi ekonomi sekarang masih lebih baik dari tahun-tahun tersebut,” tuturnya.  (ltc)
Sumber : Bisnis Indonesia, 06.09.13.
[English Free Translation]

Weaken foreign exchange reserves led to market concern on the movement of Indonesia Rupiah (IDR) against U.S Dollar (USD) which increasingly depressed. Next questions : What is the critical point of the foreign exchange reserves? And if it has reached the tipping point, how will that affect? Et Cetera. Read more above.

No comments:

Post a Comment

[KU-179/2021] Dirut KAI Commuter Mukti Jauhari Tutup Usia

  Bisnis.com, JAKARTA - Keluarga besar KAI Group khususnya KAI Commuter hari ini berduka. Direktur Utama KAI Commuter Mukti Jauhari meningg...