Wednesday, January 23, 2019

[KG-023/2019] Suka Duka Jalur Kereta ke Pangandaran


JaKaRTa : Sudah pernah jelong2 ke Pangandaran ? Rata2 anak jaman NOW sih sudah, apalag yang demen traveling, sok pasti sudah pernah dijajah. Buat yang blon pernah, gak lama lagi bisa melancong dengan suasana yang lebih baik.

Apa pasal ? Karena PT Kereta Api Indonesia (Persero) baru aja mengoperasikan kereta langsung dari Jakarta (baca : Stasiun Gambir) hingga ke Stasiun Banjar. Terus ke Pangandaran-nya pake apa ?

Pertanyaan itu langsung direspon pihak Pemda yang siap menyediakan bus

--- quote ---

BISNIS INDONESIA: a) Kembalinya Jalur Kereta ke Selatan

Genap 38 tahun 'mati', jalur KA Bandung-Pangandaran segera 'hidup' kembali. Mulai beroperasinya KA Pangandaran relasi Banjar-Bandung-Gambir (PP) menjadi titik awal percepatan program reaktivasi yang akan dikebut Pemprov Jawa Barat dan KAI. 

Wali Kota Banjar Ade Uu Sukaesih tak bisa menyembunyikan wajah bungahnya. Mimik yang sama ditunjukkan oleh Bupati Pangandaran Jeje Wiradinata di sampingnya. Dirut KAI Edi Sukmoro tak kalah antusias. 

Bupati Pangandaran Jeje Wiradinata mengatakan, hadirnya kembali moda transportasi kereta itu melengkapi akses ke wilayah yang butuh perjalanan darat 8-10 jam dari Jakarta tersebut. 

Jeje pun meminta kepada pihak KAI, supaya membranding gerbong-gerbong kereta dengan tema pantai Pangandaran, supaya lebih menarik perhatian penumpang untuk datang berwisata ke wilayah tersebut. 

Wali Kota Banjar Ade Uu Sukaesih mengaku seolah diberi kado dengan diluncurkannya KA Pangandaran itu. Menurutnya, program reaktivasi yang digulirkan kembali oleh Gubernur Jabar Ridwan Kamil akan membuka akses ke selatan lebih mudah. 

Dirut KAI Edi Sukmoro menuturkan, pengoperasian KA Pangandaran merupakan salah satu dukungan KAI terhadap program pariwisata Wonderful Indonesia dan Pesona Indonesia dalam meningkatkan aksesibilitas masyarakat dari Jakarta dan Bandung ke wilayah Garut, Tasikmalaya, Banjar, dan Pangandaran. 

Dengan kapasitas 520 kursi, KA ini punya 2 layanan yaitu kelas eksekutif sebanyak 4 gerbong dan kelas ekonomi premium juga sebanyak 4 gerbong. Melalui layanan single ticketing, penumpang cukup memesan satu tiket untuk menikmati layanan KA Pangandaran serta Angkutan Lanjutan yang dikelola oleh anak usaha KAI, yaitu PT Kawisata. 

Adapun, jadwal keberangkatan dari Sta Gambir yakni pukul 07.50 WIB. Setelah masa promosi usai, Edi menyebutkan bahwa harga tiket akan menyesuaikan tarif batas atas dan bawah. 

"Angkutan massal ini sifatnya membantu bukan bersaing dengan angkutan darat lainnya. Karena perjalanan meningkat, sekarang relatif macet," ujarnya. Terkait dengan reaktivasi, pihaknya memastikan jalur Banjar-Pangandaran yang melewati rute sepanjang 82 km sampai Sta Cijulang akan dimulai pada tahun ini. 

Jalur tersebut tentunya harus mengalami normalisasi. "Ini termasuk penertiban bangunan yang dibuat secara liar di atas jalur tersebut," katanya.  Kadishub Jabar Dedi Taufik mengatakan, reaktivasi jalur KA Banjar-Pangandaran-Cijulang ini sudah melewati tahap studi dan perencanaan. 

Menurutnya, reaktivasi ini dipastikan akan mendukung rencana pendirian KEK di Pangandaran dan kawasan selatan Jabar.  Selain itu, diharapkan bisa membantu masyarakat mengangkut hasil bumi.  

Sumber : Bisnis, 04.01.19

DETIK.COM: (3/1) Pemerintah akan Reaktivasi Jalur Kereta ke Pangandaran

Kemenhub berencana untuk mereaktivasi atau menghidupkan kembali jalur KA dari Sta Banjar menuju Pangandaran. Pemerintah pun mulai membahas rencana itu tahun ini. Ditjenka Kemenhub, Zulfikri mengatakan, saat ini pihaknya tengah membahas rencana reaktivasi tersebut bersama KAI. 

"Itu masih bahasan dengan KAI," katanya. VP PR KAI, Agus Komarudin juga mengatakan hal yang sama. Menurut dia, progres reaktivasi tersebut masih dibahas bersama kementerian dan lembaga terkait. 

"Ini masih progres pembahasan dengan stakeholder terkait Kemenhub, Pemprov Jawa Barat, Pemda Jawa Barat dan kewilayahan," katanya. Sebagai informasi, jalur KA Jakarta ke Pangandaran sendiri terputus di Sta Banjar. 

Jalur menuju Pangandaran ditutup oleh pemerintah di tahun 1982. Bahkan, saat ini, jalur tersebut telah rusak akibat vandalisme atau perusakan oleh orang yang tidak bertanggung jawab. Akibatnya, jalur sudah tidak memiliki rel. 

"Saat ini relnya, jembatan sudah tidak ada lagi kemungkinan oleh vandalisme," terangnya. Sebelumnya diberitakan bahwa KAI memang tengah menggarap reaktivasi 4 jalur kereta di Jawa Barat. 

Pihaknya menargetkan jalur tersebut dapat beroperasi pada tahun 2020. Adapun 4 jalur yang akan direaktivasi ada sepanjang 178,8 km terdiri dari Cibatu-Cikajang, Bandung-Ciwidey, Banjar-Pangandaran, dan Rancaekek-Tanjung Sari. KAI tengah menggarap reaktivasi 4 jalur kereta di Jawa Barat.

Sumber : detik, 04.01.19

--- unquote ---

Demikian sedikit ulasan terkait pembukaan rute baru ke jalur kereta api (KA) ke Pangandaran walau sebenarnya blon sampe ke Pangandaran, minimal cikal bakalnya udah ada dulu. Bravo !

Sumber : KALOG / Foto : ....

[English Free Translation]
Even 38 years 'dead', the Bandung-Pangandaran railway line immediately 'lives' again. The commencement of the Pangandaran Railroad route between Banjar-Bandung-Gambir (vice versa) has become the starting point for the acceleration of the reactivation program which will be accelerated by the West Java Provincial Government and PT KAI. Just wait and see ...

No comments:

Post a Comment

[KU-179/2021] Dirut KAI Commuter Mukti Jauhari Tutup Usia

  Bisnis.com, JAKARTA - Keluarga besar KAI Group khususnya KAI Commuter hari ini berduka. Direktur Utama KAI Commuter Mukti Jauhari meningg...