Selasa, 10 Mei 2016

[KA-128/2016] MoU dengan Unpad, Bentuk Unpad-BCE


JAKARTA: Bertempat di Flores Ballroom, Hotel Borobudur, Jakarta, PT KAI bersama 15 BUMN lain meneken MoU dengan Universitas Padjadjaran (Unpad) guna pendirian Universitas Padjadjaran - BUMN Center of Excellence (Unpad-BCE), Senin (9/5).

Program tersebut diluncurkan sebagai pusat pengembangan keunggulan BUMN untuk menciptakan daya saing global. Dalam acara tsb, hadir Menteri BUMN Rini Soemarno, Menteri Ristek dan Pendidikan Tinggi Mohamad Nasir, Menteri Kominfo Rudiantara, Rektor Unpad Tri Hanggono Achmad, DU beserta jajaran, serta direksi BUMN-BUMN lain.

Menteri BUMN dalam sambutannya mengatakan, kerja sama kementerian BUMN bersama perguruan tinggi harus dapat menginspirasi, mendorong inovasi, dan memberi pemikiran strategis dalam rangka pengembangan BUMN.

Sementara itu, Rektor Unpad menyampaikan, setidaknya ada 3 aspek yang dibutuhkan BUMN saat ini, yaitu aspek pengkajian, pengembangan SDM, dan kolaborasi. Tiga aspek ini yang mendorong pendirian BCE di Unpad.

Foto kegiatan terlampir.


Sumber : CorComm PT KAI Daop 2 BD.

--- quote ---

(artikel) BUMN Kembangkan Riset Bersama Unpad

JAKARTA: BUMN harus mampu bersaing di tingkat global. Untuk itu, pengembangan bisnis dan kualitas sumber daya manusia serta sinergi antara BUMN dan kalangan akademisi melalui kerja sama riset sangat penting.

Hal itu disampaikan Menteri BUMN Rini Soemarno dalam peluncuran Universitas Padjadjaran BUMN Center of Excellence (Unpad-BCE), di Jakarta, Senin (9/5). Hadir dalam acara itu Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Muhammad Nasir, Rektor Unpad Tri Hanggono Achmad, serta sejumlah direktur utama BUMN.

"Presiden berpesan agar (BUMN) tidak jago kandang, tetapi mampu bersaing di tingkat global. BUMN harus bersinergi tak hanya dengan BUMN, tetapi juga dengan berbagai kalangan, termasuk akademisi," tutur Rini.

Pada kesempatan itu, 4 BUMN juga membuat kesepakatan kerja sama dengan Unpad, yaitu BPJS, PT Bio Farma, PT KAI, dan PT Pertamina. "Ada 27 BUMN sudah bekerja sama dengan Unpad," kata Tri Hanggono Achmad, Rektor Unpad.

Sumber : Kompas, 10.05.16.

--- unquote ---

[English Free Translation]
SOEs should be able to compete at a global level. Therefore, it is important to do the cooperation of business development and quality of human resources and the synergy between state enterprises and academia.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar