Selasa, 19 Januari 2016

[KG-019/2016] Tindak Lanjut & Persiapan KA JICT - 19/01/16


JaKaRTa: Pertemuan semakin mengerucut nih, setelah sebelumnya staf Kementerian Kemaritiman memimpin pertemuan hari Jumát 15/01/16 lalu dan meminta agar diadakan pembicaraan B-to-B diantara 3 (tiga) pihak yang dianggap punya hajat gede.

Selasa 19/01 diadakan pertemuan lanjutan antara pihak Jakarta International Container Terminal (JICT), PT Kereta Api Indonesia (Persero) dan PT Kereta Api Logistik (KALOG). Ketiganya bersepakat untuk ikut mensukseskan misi pemerintah, yakni memanfaatkan moda kereta api (KA).

Tujuannya apalagi selain merujuk isu dwelling-time (bukan menjadi fokus utama) tetapi dengan adanya alternatif angkutan KA diharapkan keluaran kargo dari terminal kontainer terbesar di Tanah Air ini bisa lebih lancar.

Saat-saat awal pengoperasian pasti volumenya gak segede yang diperkirakan tetapi dari gak ada menjadi ada, itu udah top. Dulunya KA gak bisa masuk pelabuhan, sekarang moda KA amat dinantikan perannya dalam mengurai benang kusut di kancah logistik nasional.

Semua itu masih harapan dan beban berat ada dipundak tim task-force yang terdiri dari sejumlah institusi, seperti Bea Cuka, Karantina dan Pelindo II namun tetap saja yang terbesar persentasenya ada di PT KAI dan afiliasinya.

Butuh ketekunan, keuletan dan kerjasama semua pihak agar misi mulia bangsa ini bisa maujud. Rapat hari ini, mulai dari kantor JICT, kunjungan ke stasiun JICT hingga sosialisasi di internal PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daop 1 Jakarta, langsung diteruskan secara marathon.

Usai rapat di JICT bahkan BoD KALOG yang didampingi anggota tim task-force melakukan pemantauan dilapangan dan hasil pekerjaan kontraktor saat ini mendekati angka 75-80 persen. Jika gak ada halangan, mid-Februari 2016 infrastruktur diyakini udah kelar semua.

Jujur tim task-force dibatasi waktu yang sempit namun bukannya tanpa usaha. Semua dikerjakan kesana-kemari agar target capaian yang diinginkan, operasional awal Maret 2016 bisa diwujudkan.

Aamiin, semoga mancarli. Berikut ini hasil liputan tindak lanjut proyek kereta api pelabuhan yang bermuara di JICT. Rujukan sebelumnya, silahkan baca : [KG-015/2016] Rapat Koordinasi KA Pelabuhan JICT – 15/01/16, [KU-012/2016] Priok Terapkan Tarif Progresif 900% dan [KG-007/2016] BoD KALOG Kunjungi JICT + SAO.


Sumber : KALOG / Foto : RAM.

[English Free Translation]
Tuesday, January 19th  held a further meeting between the Jakarta International Container Terminal (JICT), PT Kereta Api Indonesia (Persero) and PT Kereta Api Logistik (KALOG). All parties concern agreed to participate in the success of the mission from the government. Hopefully YES !

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar