Jumat, 03 April 2015

[KU-092/2015] KAI Ambil Alih Gedong Kuning



SEMARANG: Bangunan bersejarah, Gedong Kuning, yang terletak di Jalan Gatot Soebroto resmi menjadi milik PT KAI. TNI AD, dalam hal ini Kodam IV/ Diponegoro telah melepaskan aset berupa lahan beserta bangunan era penjajahan Belanda tersebut kepada PT KAI.

“Kodam sudah menyerahkan aset Gedong Kuning kepada PT KAI dan saat ini tengah proses pengajuan legalitas atas kepemilikan lahan tersebut,” kata Manager Corcomm Daop 4 Semarang, Suprapto, kemarin (21/3).

Suprapto menjelaskan, legalitas tanah tempat berdiri bangunan Gedong Kuning masih berupa eigendom verponding atau sertifikat hak milik yang dikeluarkan Pemerintah Belanda saat menjajah Indonesia. Eigendom tersebut oleh Kementerian Keuangan sudah dimasukkan dalam penyertaan modal negara (PMN) sebagai aset PT KAI.

“Saat ini sudah keluar peta bidang tanah. Kemudian nanti akan terbit sertifikat hak pakai atau (SHP). Berapa lama bisa menjadi SHP, itu ranah dari instansi terkait, karena prosesnya bukan di KAI,” ucapnya.

Menurut Suprapto, kondisi bangunan Gedong Kuning yang termakan usia memang butuh penanganan segera. Tarik ulur kepemilikan yang terjadi sebelumnya menjadi salah satu kendala melakukan perbaikan.

Setelah beralih kepemilikan, KAI sudah berencana akan melakukan revitalisasi atas bangunan yang ada. Namun karena keterbatasan anggaran, revitalisasi bangunan belum bisa dilakukan tahun ini.

“Bangunan Lawang Sewu menghabiskan Rp8 miliar, juga Museum KA Ambarawa yang juga sekitar Rp8 miliar. Belum lagi gedung SCS di Tegal yang menelan miliaran rupiah dan segera diresmikan penggunaannya. Tentu kami belum bisa melakukan revitalisasi Gedong Kuning saat ini,” ucapnya.

Berkaca dari pengalaman revitalisasi bangunan bersejarah sebelumnya, perbaikan gedung tersebut diprediksi akan menelan dana yang tidak sedikit.

Sumber : SindoNews, 21.03.15 / Kredit Foto : Kompas.

[English Free Translation]
The historic building, Gedong Kuning, which is located on Jalan Gatot Subroto officially became the property of PT KAI.The  Army, in this case the military command IV / Diponegoro (Kodam IV / Diponegoro) has unleashed assets such as land and buildings of the Dutch colonial era to PT KAI. Bravo !

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar