Kamis, 09 April 2015

[KG-098/2015] Peresmian KA Pelabuhan TPS - 09/04/15

SuRaBaYa: Setelah ditunggu-tunggu sekian lama, akhirnya proyek angkutan kereta api (KA) kontainer dari pelabuhan Tanjung Perak, Surabaya, berhasil diwujudkan hari ini, setelah diresmikan oleh Menteri Perhubungan (Menhub) RI.

Kamis 09/04, Ignasius Jonan sang menteri dimaksud, menggunting pita, tanda diresmikannya pemanfaatan moda KA sebagai jalur distribusi kontainer, khususnya reefer dari pelabuhan yang dikelola PT Terminal Petikemas Surabaya (TPS) dan menggandeng mitra strategis PT Kereta Api Logistik (KALOG).

Pengguntingan pita gak sendirian ‘loh. Menhub dibarengi Deputy Bidang Usaha Energi, Logistik & Perhubungan Kementrian BUMN, Direktur Utama PT Kereta Api Indonesia (Persero) serta Direktur Utama PT Pelindo III (Persero). Nah, sinergi khan namanya.

Dalam sambutannya, Menteri Perhubungan mengatakan bahwa dengan tersedianya layanan ini, pengguna jasa dapat memiliki alternatif pilihan lainnya sehingga akan meningkatkan daya saing operator angkutan. Juga guna mendukung misi pemerintah, ingin mengurangi beban jalan raya di area pantura Jawa dan mendukung abiiiz solusi logistik nasional.

Momentum peresmian ini mengembalikan angkutan multimoda petikemas di pelabuhan dan saat ini menjadi satu-satunya yang tersedia di Indonesia. Pada tahap awal, KALOG akan mengoperasikan 2 (dua) rangkaian KA dengan stamformasi masing-masing sebanyak 30 gerbong datar (GD), dimana 20 GD terdiri dari petikemas reefer yang dimuat di area TPS menuju Kalimas, dan 10 GD lainnya yang akan digandeng ex kargo Kalimas menuju Sungai Lagoa, Jakarta.

Thanks to "Yang Ming Line" (YML) yang sudah support program ini dan kita berharap pelayaran maupun penyedia jasa lainnya bisa memanfaatkan KA sebagai salah satu channel distribusi yang dapat diandalkan.

Trims juga untuk staf Kemenhub, Kemeneg BUMN, Pelindo III, Operator Pelabuhan, Bea Cukai, Karantina, asosiasi yang beroperasi di wilayah Tanjung Perak dan sekitarnya. Dukungan Customer juga tak bisa diabaikan, termasuk Pembaca sekalian. Anda bagian dari tim sukses ini.

Cheers ! Dokumentasi terlampir.

 

Sumber : KALOG / Foto : Tania – RAM – Adjeng Putri - Aulia - Egie Komar.

Catatan,
Rujukan sebelumnya, silahkan baca [KG-097/2015] Gladi Resik KA Pelabuhan Dari TPS – 08/04/15, [KG-096/2015] Lagi, Uji Coba KA Pelabuhan Dilaksanakan Di TPS,  [KG-084/2015] Uji Coba Loko Masuk TPS – 25/03/15, [KG-083/2015] Progress Report KA Pelabuhan, [KG-078/2015] PT KALOG Promosikan Angkutan KA Pelabuhan, [KG-066/2015] Dirut PT KALOG + Dirut PT KAI Sidak Persiapan KA Pelabuhan, [KG-064] Kunker Diropsar PT KALOG + Prospek Rel KA Masuk TPS.

Selanjutnya baca juga [KG-062/2015] Revitalisasi Jalur KA Ke Terminal Petikemas Surabaya , [KA-049/2015] MoU Pelindo III Tg Perak Dengan PT KAI Daop 8 SB, [KG-026/2015] Dirut KALOG Kunjungan Kantor OP + TTL, [KG-003/2015] Kunjungan Lanjutan Ke TPS – 02/01/15 dan [KG-315/2014] Kunjungan KALOG Ke Terminal Petikemas Surabaya (TPS).

[English Free Translation]
Thursday, April 9th, Ignasius Jonan (Transport Minister) inaugurated the operation of the railway port, especially for reefer boxes transportation. This project is the result of cooperation between PT Terminal Petikemas Surabaya (TPS) and PT Kereta Api Logistik (KALOG). Good Luck !


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar